Menghadirkan Fasilitas Kebersihan dan Pemberdayaan untuk Santri Riyadhul Awamil

Global Wakaf-ACT menghadirkan fasilitas kebersihan berupa Sumur Wakaf lengkap dengan MCK bagi para santri Pesantren Riyadhul Awamil, Kampung Cipete Parigi, Kota Serang. Selain menyediakan akses sanitasi, Global Wakaf juga menanam pohon durian serta membangun kolam ikan untuk pemberdayaan dan kemandirian pesantren.

1
Sumur Wakaf di Riyadhul Awamil dilengkapi juga dengan MCK serta tempat wudu. (ACTNews)

ACTNews, SERANG – Global Wakaf-ACT Serang Raya resmi menghadirkan Sumur Wakaf di Pesantren Riyadhul Awamil, Kampung Cipete Parigi, Desa Suka Laksana, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Serang Raya Ais Komaruddin, Kamis (17/6/2021).

"Mudah-mudahan seluruh santri dan warga sekitar dapat menjaga Sumur Wakaf ini, karena ini merupakan amanah dari para dermawan," ungkap Ais dalam sambutannya. Selain membangun sumur dengan kedalaman 50 meter, Global Wakaf-ACT juga melengkapinya dengan MCK dan tempat wudu.


Kehadiran Sumur Wakaf ini diharapkan bermanfaat, terutama bagi para santri, sebab sebelumnya mereka sangat kesulitan melakukan kegiatan seperti mandi, mencuci, dan memasak karena keterbatasan fasilitas.  Sampai-sampai para pengasuh ikut berbagi kamar mandi dengan para santri.

Tak hanya Sumur Wakaf beserta MCK, Global Wakaf juga menanam bibit durian serta membuat kolam ikan. Dengan adanya bantuan di bidang produktif ini diharapkan mampu menjaga ketahanan pangan dan memandirikan ekonomi pesantren. Selain itu, dengan adanya kolam ikan serta bibit durian bisa juga menjadi sarana edukasi para santri.


Selain membangun Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT juga membuat kolam ikan sebagai upaya penguatan pangan dan kemandirian pesantren. (ACTNews)

Ucapan terima kasih pun datang dari pengasuh serta santri. "Sekarang enggak susah lagi untuk wudu sama mandi, santri sudah punya MCK sendiri. Mau makan ikan juga nanti tinggal mancing. Pokoknya Global Wakaf-ACT mantap!" apresiasi Jarawil, salah seorang santri Pesantren Riyadhul Awamil.

Di samping membangun fasilitas, Global Wakaf-ACT juga mengedukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selepas peresmian Sumur Wakaf. Materi disampaikan langsung oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia Serang Raya dan disambut antusias oleh santri serta warga yang hadir.[]