Menghadirkan Kebahagiaan Ramadan untuk Para Veteran

Sosok yang telah senja usianya itu menyimpan banyak kisah perjuangan bangsa ini. Di masanya, mereka bertaruh nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Ialah veteran yang sampai sekarang masih bisa kita jumpai keberadaannya.

Veteran
Relawan ACT (kanan) tengah berbincang dengan seorang veteran di Kota Bandung. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG Jika pernah menonton film perjuangan kemerdekaan, atau melihat monumen pahlawan yang menjadi landmark sebuah tempat, kesan gagah selalu muncul. Ada yang digambarkan mengacungkan senjata ke penjajah, menunggang kuda hingga mengepalkan tangan sebagai simbol perlawanan. Hal itu bukan mengada-ngada, karena pahlawan bangsa Indonesia memang begitu kenyataannya. Mereka bertaruh nyawa. Ada yang sudah gugur di medan laga dengan membawa kisah perjuangannya, ada juga yang sampai sekarang menjadi saksi hidup bangsa ini merebut kemerdekaan, atau yang awam kita kenal sebagai veteran.

Faqih (103), pejuang kemerdekaan di tahun 1945 menjadi salah satu yang kini menjadi saksi hidup. Ia menghabiskan hari-harinya ditemani radio tua yang menjadi hiburan. Walau usianya telah menginjak senja, tapi ia masih menyimpan banyak cerita perjuangan lewat sebuah catatan buku dan foto hitam putih.

Akan tetapi, kisah heroik yang dimiliki veteran tak menjamin hidup mereka di masa tua sejahtera. Seperti Faqih yang tinggal sendiri di sudut Kota Bandung. Hidupnya sepi, tak seramai suasana perjuangan dahulu. Rumahnya pun tak layak huni. Ia tak sendiri, sekitar 25 persen dari lebih 27 ribu Legiun Veteran Republik Indonesia di Jawa Barat hidup dalam kondisi jauh dari kata sejahtera. Mereka bahkan ada yang tinggal di rumah berbahan kayu dan bilik karena tak ada biaya.

Berawal dari keprihatinan melihat kenyataan ini, di momen Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar menghadirkan yang terbaik untuk veteran. Di Bandung, berkolaborasi dengan Relawan Volunteer 45, ACT menyapa para pejuang kemerdekaan negeri ini yang kondisi ekonominya prasejahtera. Selain menyambung kisah perjuangan, ACT juga menyerahkan paket kebahagiaan sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan veteran. Pendistribusian dilakukan untuk veteran yang tersebar di Kota Bandung, seperti Kecamatan Cilengkrang, Mandalajati, Rancasari, dan Cibiru.

“Kami menghadirkan paket Ramadan sebagai wujud nyata rasa hormat dan terima kasih kami kepada veteran. Melalui program Bandung Lautan Dermawan, aksi ini terlaksana dengan baik juga atas dukungan masyarakat luas,” jelas Kepala Cabang ACT Bandung Trisna Adi Permana, Selasa (4/5/2021).

Lantunan doa dan terima kasih pun datang dari veteran. Hingga tutup Ramadan nanti, ACT akan terus meluaskan kebaikan untuk para pejuang tersebut. Masyarakat luas pun bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini bersama ACT.[]