Menghadirkan Sumber Air, Mendukung Kegiatan Masyarakat Kampung Bubulak

Semenjak MCK umum masyarakat Kampung Bubulak, Kabupaten Bogor rusak, beberapa aktivitas masyarakat pun terkendala. Mereka mesti menghadapi kekeringan ketika musim kemarau, dan menimba air terlebih dahulu untuk sanitasi.

bantuan sumur wakaf
Masyarakat tengah menggunakan MCK dari Global Wakaf-ACT yang baru saja rampung di Kampung Bubulak. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Ada satu MCK umum yang cukup besar di Kampung Bubulak, Desa Leuwengkolot, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. MCK inilah yang digunakan sebagian warga sebagai tempat mandi, maupun bersuci ketika akan berangkat menuju musala.

Namun belakangan, MCK rusak sehingga warga yang ingin menggunakan MCK umum mesti menimba air terlebih dahulu. Selain itu air yang digunakan adalah tampungan air hujan, jadi tidak maksimal pada musim kemarau. Hal ini menjadi kendala bagi kegiatan masyarakat pengguna MCK umum.

“Misalnya untuk kegiatan majelis taklim di masjid, serta aktivitas musala di Desa Lewuweng kolot yang memang cukup sering diadakan. Kegiatan bersuci sering terkendala karena minimnya air bersih saat musim kemarau,” ujar Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf-ACT.


Karena itu Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf dengan kedalaman lebih dari 30 meter untuk warga Kampung Bubulak yang rampung dibangun pada Jumat (18/7/2021) lalu. “
Kita berharap Sumur Wakaf ini menjadi alternatif warga dari sumur dangkal lain yang sudah ada, untuk kegiatan harian warga. Baik itu untuk minum, MCK maupun berwudu,” tambah Nurul.

Tak hanya menghadirkan Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT juga menanam sejumlah pohon manga dan pohon jambu dilengkapi dengan lubang biopori, serta membangun satu unit kandang ternak kambing sebagai upaya pemberdayaan.

Bantuan dari Global Wakaf-ACT disambut baik oleh warga Kampung Bubulak. Seperti Wawan Natriwan salah satunya. “Mudah-mudahan segala amal baik Tim Global Wakaf-ACT dan para dermawan yang sudah menyisihkan rezekinya, dibalas oleh Allah,” ucap Wawan. []