Menghadrikan Sumur Wakaf Komunal, Ikhtiar Bantu Pertanian di Desa Curugciung

Untuk membantu meningkatkan produktifitas pertanian di Desa Curugciung, Kabupaten Pandeglang, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf . Sehingga dapat melengkapi irigasi tadah hujanmilik warga.

sumur wakaf pertanian
Di samping untuk kebutuhan pertanian, Sumur Wakaf ini juga dapat dimanfaatkan untuk warga yang belum memiliki MCK. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN PANDEGLANG – Tanah Desa Curugciung, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, menjadi sumber perekonomian bagi masyarakatnya. Mayoritas merupakan petani atau buruh tani dengan hasil bumi yang beragam, terutama kelapa dan padi.

Selain padi dan kelapa, pada musim kemarau pasca panen raya sebagian warga biasanya menggunakan lahan sawah mereka untuk berkebun sayuran dan buah-buahan seperti kacang-kacangan, timun, semangka dan lain-lain,” ujar Sukmajaya Laksana dari Tim Global Wakaf-ACT pada Jumat (10/12/2021) ini.

Kebanyakan lahan digarap dengan sistem tadah hujan, sementara sedikit sisanya memakai sistem irigasi setengah teknis. “Dengan memakai sistem tadah hujan sendiri, pengairan sawah hanya mengandalkan dari hujan yang turun, jika kemarau datang bisa berpotensi gagal panen,” kata Sukma.


Untuk dapat meningkatkan produktifitas warga dibutuhkan tambahan sumur-sumur dangkal
. Karena itu, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf komunal yang rampung dan diresmikan pada akhir September lalu.

“Dengan adanya rencana pembuatan sumur produktif di harapkan mampu meningkatkan penghasilan warga sekitar serta warganya bisa  mandiri dan terlepas dari para tengkulak, sehingga semakin memudahkan lapangan pekerjaan di desa ini,” jelas Sukma.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pertanian, Sumur Wakaf ini juga dapat membantu kebutuhan sanitasi warga sehari-hari. Sebab di antara mereka, masih ada beberapa warga yang belum memiliki MCK pribadi.

Warga pun bersyukur dengan kehadiran Sumur Wakaf ini, seperti yang diungkap oleh Eri. “Hatur nuhun saya ucapkan ke semua jajaran Global Wakaf-ACT. Mudah-mudahan Sumur Wakaf dan MCK yang diberikan, menjadi manfaat ke masyarakat semua,” harap Eri. []