Menguatkan Kebersamaan Umat dengan Gotong Royong Bersihkan Masjid

ACT menggelar aksi gotong royong membersihkan Masjid Al-Chairu di Tangerang Selatan, Banten, untuk mewujudkan masjid nyaman digunakan jemaah menjelang Ramadan. Kegiatan ini pun diikuti sejumlah figur publik yaitu Chand Kelvin dan komedian Ade Jigo.

kan Ramadhan
Menyambut bulan suci Ramadan, tim Aksi Cepat Tanggap menyelenggarakan kerja bakti di Masjid Al-Chairu di Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Jumat (4/3/2022). (ACTNews/M. Ubaidillah).

ACTNews, TANGERANG SELATAN – Bertepatan dengan awal bulan Syaban, Aksi Cepat Tanggap menggelar gotong royong memberishkan masjid. Kegiatan ini dilakukan di Masjid Al-Chairu, Pamulang, Tangerang Selatan, pada Jumat (4/3/2022).

Ketua Dewan Pembina ACT, N. Imam Akbari menjelaskan, masjid harus bersih karena sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Pada bulan suci, aktivitas di masjid akan meningkat. Masjid yang bersih akan lebih nyaman digunakan. Selain itu, kegiatan gotong royong menjadi upaya memupuk solidaritas dan kebersamaan umat jelang Ramadan. 

"Pada bulan Syaban ini, harus diisi dengan aksi-aksi kebaikan sebagai persiapan bertemu Ramadan satu bulan lagi. Bersih-bersih masjid salah satu kegiatan yang bisa dilakukan. Ini momentum untuk mempersiapkan diri.," ujar Imam, Jumat (4/3/2022). 

Dalam kesempatan yang sama, Ustaz Boby Herwibowo, yang juga ikut dalam gotong royong pembersihan masjid mengatakan, aksi ini merupakan pemanasan untuk menyambut bulan Ramadan.


Dewan Syariah ACT Ustaz Bobby Herwibowo ikut kerja bakti membersihkan Masjid Al-Chairu di Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Jumat (4/3/2022). (ACTNews/M. Ubaidillah).

Ustaz Boby mengajak masyarakat untuk menyambut bulan Ramadan dengan juga melakukan ‘pemanasan ibadah’. Tak lupa ia juga mengingatkan bagi umat muslim yang masih mempunyai utang kewajiban ibadah, sepert puasa dan zakat, untuk segera menunaikannya sebelum Ramadan tiba. 

“Jangan berharap bisa maksimal salat 11 rakaat tiap malam saat Ramadaan, kalau dari sekarang dua rakaat (salat sunnah)nya tidak dilakukan. Begitupun dengan sedekah. Mulailah sedekah dari sekarang. Lakukan rutin. Nanti kalau bulan Ramadan, tingkatkan terus jumlahnya," kata Ustaz Bobby.

Gotong royong membersihkan masjid merupakan rangkaian kegiatan yang digaungkan ACT dalam menyambut bulan Ramadan. Dalam kegiatan gotong royong ini, ACT turut mengaktivasi armada Humanity Food Truck untuk membagikan seribu porsi makanan siap saji bagi jemaah masjid, masyarakat sekitar, dan tim yang bertugas. Kegiatan ini pun diikuti sejumlah figur publik yaitu Chand Kelvin dan komedian Ade Jigo.[]