Menguatkan Pangan Kampoeng Dermawan Lewat 10 Ribu Pohon Wakaf

Di Malang, kini ada Kampoeng Dermawan, sebuah permukiman yang akan menjadi percontohan warga yang saling peduli terhadap sesama. Mereka memanfaatkan hasil panen dari Wakaf Pohon untuk dibagikan ke warga lain atau dijual untuk kemudian dibelikan lagi bibit pohon selanjutnya.

Menguatkan Pangan Kampoeng Dermawan Lewat 10 Ribu Pohon Wakaf' photo
Penyerahan simbolis 10 ribu bibit pohon ke Kampung Baran dari Global Wakaf dan Pesantren Pesantren Manajer Tholabie. (ACTNews/Saiful Anam)

ACTNews, MALANG – Demi menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat serta menghasilkan tambahan pendapatan warga, Global Wakaf - ACT Malang berkolaborasi dengan Pesantren Manajer Tholabie menanam 10 ribu pohon wakaf. Penanaman pohon wakaf tersebut dilakukan di Kampoeng Dermawan, nama lain Kampung Baran RT01/07 di Kelurahan Buring, Malang sejak 7 Juni lalu. Proses penanaman dilakukan secara bertahap hingga akhir Juli mendatang.

Pohon yang diwakafkan antara lain alpukat jenis aligator dan florida serta bibit pohon pisang cavendish. Nantinya pohon-pohon tersebut ditanam di halaman rumah warga yang tinggal di Kampung Baran serta ditanam di salah satu kebun milik warga. Ketika berbuah nanti, hasil panen bisa diberikan ke warga yang membutuhkan atau dijual untuk nantinya dimanfaatkan masyarakat serta pembelian bibit pohon lagi.

Kepala Cabang Global Wakaf - ACT Malang mejelaskan, penanaman pohon wakaf merupakan langkah awal Global Wakaf untuk memandirikan ekonomi masyarakat melalui dana wakaf. Selain itu, penanaman pohon wakaf ini diharapkan juga memperbaiki kondisi lingkungan. “Wakaf tak hanya sebatas madrasah, masjid dan makan saja, tapi juga bisa banyak hal yang bermanfaat termasuk pohon,” jelas Diki, Jumat (3/7).

Kehadiran wakaf pohon di Malang juga sekaligus mengaktivasi Kampung Baran sebagai Kampoeng Dermawan. Tempat ini bakal menjadi percontohan kampung yang telah membangun konsep lingkungan hidup serta masyarakat yang memiliki jiwa dermawan. Kedermawanan ini nantinya bisa ditunjukkan dengan warga yang saling berbagi hasil panen buah dari pohon wakaf yang ditanam di halaman rumah mereka.

“Setelah ini, akan ada Kampoeng Dermawan lain yang menduplikasi Kampung Baran. Wakaf Pohon serta Kampoeng Dermawan diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik serta ketahanan pangan juga,” tambah Diki.[]


Bagikan