Menguntai Cita Siswa Madrasah Uighur di Kayseri

Sejumlah pelajar Uighur di Kayseri menjalani pendidikan di madrasah yang juga dikelola komunitas Uighur. Madrasah tersebut dijalankan dengan fasilitas dan biaya operasional terbatas.

Menguntai Cita Siswa Madrasah Uighur di Kayseri' photo

ACTNews, KAYSERI – Uluran tangan dermawan kembali merangkul para diaspora Uighur di Kayseri, Turki. Agustus ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menyalurkan bantuan operasional untuk salah satu madrasah Uighur di Kayseri.

Selain biaya operasional, bantuan juga diberikan untuk para guru berupa tunjangan. “Bantuan menjangkau 21 guru dan 350 anak-anak,” lapor Sucita Ramadinda dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACT. Senin (5/8). Bantuan diserahkan kepada madrasah pada Jumat (2/8) dan Sabtu (3/8) lalu.

Diaspora Uighur usia 4-14 tahun di Kayseri sudah belajar membaca dan menghafal Alquran. Mereka juga belajar sunnah serta hadis, belajar bahasa Uighur, bahasa Turki, bahasa Arab, dan ilmu-ilmu lainnya. Mereka belajar di madrasah dan rumah tahfiz di Kayseri.


Maret lalu, bantuan pendidikan juga diberikan kepada hafiz anak-anak Uighur. Beasiswa tersebut disalurkan melalui madrasah dan sejumlah Taman Pendidikan Alquran (TPA). 

Hingga saat ini, bantuan senantiasa disampaikan untuk diaspora Uighur. “Selain beasiswa pendidikan, beragam kebutuhan pokok lainnya juga kami bantu support, seperti paket pangan, atau logistik yang bisa mereka tebus secara cuma-cuma di swalayan terdekat melalui program Humanity Card,” tambah Sucita.

Melalui bantuan operasional ini, kegiatan belajar mengajar bagi ratusan siswa diaspora Uighur dapat terus berlangsung. Pendidikan mereka pun menjadi pembuka jalan menuju cita-cita di masa depan.[]

Bagikan