Mengusir Hantu Kelaparan di Yaman

Kelaparan yang dialami masyarakat Yaman bisa jadi masih terjadi hingga hari raya Iduladha nanti.

qurban untuk Yaman
Ilustrasi. Anak-anak Yaman mengalami malnutrisi. Momentum membantu Yaman bisa dilakukan Dermawan Berqurban menjelang momen Iduladha ini. (ACTNews)

ACTNews, YAMAN – Hantu itu datang setiap malam, menggerayangi lebih dari setengah penduduk negeri, baik muda atau pun tua, anak-anak, bahkan lansia. Mereka meraung-raung setiap detik. Tidak bisa dijinakkan, lebih tepatnya, tidak ada hal yang bisa diikhtiarkan warga Yaman untuk menaklukan mereka. Hantu itu bernama kelaparan.

Bola mata Selwa Al Odabei bergerak-gerak, menatap orang-orang yang datang. Ia seperti ingin mengatakan sesuatu, namun tubuhnya terlalu lemas. Ia hanya bisa berbaring di tempat tidur yang keras. Tulang rusuknya terlihat jelas terjiplak dari kulit. Tidak ada cukup daging untuk membungkus tulang itu. Selwa mengalami atrofi otak (cerebral atrophy) karena malnutrisi.

Selwa adalah korban hantu itu. Kelaparan masih jadi momok di Yaman, entah sampai kapan. Berdasarkan laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari setengah penduduk Yaman atau lebih dari 16 juta warganya, mengalami kekurangan pangan akut.

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia PBB, David Beasley mengatakan, satu-satunya solusi atas permasalahan ini adalah bantuan makanan. Saking parahnya kelaparan di Yaman, Beasley menyebut dirinya melihat langsung kondisi rumah sakit di Yaman dipenuhi anak-anak kurus kering yang kelaparan. Suasana keheningan terpampang jelas di rumah sakit. "Mereka terlalu sakit dan terlalu lemah untuk menangis," ujar Beasley.

Andi Noor Faradiba, Manajer Global Humanity Responses ACT, menjelaskan, kelaparan yang dialami masyarakat Yaman bisa jadi masih terjadi hingga hari raya Iduladha nanti. Sebab itu, menjelang Iduladha ini menjadi waktu yang semakin baik untuk membantu masyarakat Yaman. Global Qurban-ACT menjadikan Yaman sebagai salah satu tujuan implementasi kurban tahun ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Insyaallah, Daging kurban ini bakal disalurkan ke anak yatim, keluarga prasejahtera, warga yang menjadi korban konflik, hingga pengungsi,” kata Faradiba.

Global Qurban memfasilitasi Sahabat Dermawan yang ingin berkurban khusus untuk Yaman. Pekurban dapat mengakses langsung Globalqurban.com untuk memilih hewan kurban terbaik[]