Menjadi Agen Qurban, Arif Tebarkan Semangat Kemanusiaan

Dengan menjadi Agen Qurban dari Global Qurban - ACT Arif Fadillah berharap bisa membantu perjuangan dalam kemanusiaan. Dalam prosesnya banyak hal yang didapatnya seperti pengalaman baru, kebahagiaan dalam membantu orang lain, dan tentunya, insentif menarik.

Menjadi Agen Qurban, Arif Tebarkan Semangat Kemanusiaan' photo
Arif sedang menawarkan hewan kurban kepada calon pekurban. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Arif Fadillah langsung menyanggupi ketika tawaran menjadi Agen Qurban dari Global Qurban – ACT datang kepadanya. Penawaran datang dari saudaranya beberapa waktu lalu dan ia pikir, tawaran ini baik untuk berjuang bersama-sama di dalam dunia kemanusiaan.

“Sebenarnya saya cenderung memang senang dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Support-lah, minimal karena saya sebagai karyawan yang sudah tidak bisa terjun ke lapangan. Kadang saya bertanya: apa yang bisa saya bantu?” jelas Arif ditemui di kantornya di wilayah Jakarta Selatan pada Rabu (24/6) ini.

Arif mendapatkan kesempatan itu. Ia menjadi perantara bagi orang-orang dengan menjaring pekurban sebanyak-banyaknya melalui pesan singkat. Ia mengirimkan gambar detail mengenai kurban dan menjelaskan manfaat apa saja yang akan didapat para pekurban.

Respons orang pun bermacam-macam selama ia menjadi agen. Terutama terkait pertanyaan bagaimana proses kurban bisa sampai ke tangan penerima manfaat yang merupakan warga prasejahtera, korban bencana, ataupun korban konflik, walaupun mereka tak melihat hewan kurbannya. Beruntung pihak Global Qurban – ACT sering memandunya melalui teknologi jarak jauh.


Arif Fadillah ditemui di tengah istirahat kerjanya. (ACTNews/Yudha Hadisana)

“Saya bilang ke mereka, insyaallah dapat pahala,” kata Arif seraya tertawa. Ia melanjutkan, “Kedua insyaallah ada sertifikatnya, dan yang paling penting sebelum pemotongan ada fotonya, beserta nama yang bersangkutan. Jadi salah satu calon pekurban Alhamdulillah, jadi mendaftar,” ceritanya tentang bagaimana ia berhasil mengajak salah satu pekurban.

Selama menjadi Agen Qurban ia berhasil mengajak 3 orang terdekatnya. Ia tentu berharap balasan kebaikan dari Allah. Tetapi kebaikan lain dari Global Qurban – ACT telah menunggunya juga berupa insentif dari setiap kurban yang ia berhasil tawarkan.

“Siapa sih yang tidak senang? Alhamdulillah sudah kita bisa membantu lewat kegiatan ini, kita dapat insentif juga, insyaallah saya selalu mensyukuri. Saya senang,” tukas Arif.


Arif mengaku ia masih sedikit kaku dalam menghadapi para calon pekurban. Tetapi setelah mendapatkan pekurban, ia malah semakin bersemangat. Semangat itu datang mengingat ia mampu membantu para penerima manfaat mendapatkan daging pada kurban nanti, maupun mendapat insentif berupa materi. Bahkan ia sekarang mulai menawarkan secara tatap muka.

“Memang semakin ke sini semakin ada semangat juga untuk menyampaikan ke person (langsung). Walaupun memang masih tidak semuanya, karena kondisi saya masih ada pekerjaan,” ujar Arif.

Arif berharap semangatnya itu terus bertambah seiring dengan semakin dekatnya hari raya Iduladha. Ia pun membagi semangat itu kepada rekan-rekan Agen Qurban lainnya. “Yang penting diniatkan karena Allah terus niatkan juga untuk membantu manusia, rekan-rekan. Karena banyak sekali masyarakat kita yang membutuhkan uluran tangan. Mungkin dengan jembatan dari Global Qurban – ACT ini bisa berjalan dengan baik. Minimal niat dahulu,” pesannya. []


Bagikan