Menjaga Indonesia Bersama Pejuang Suara Rakyat

Menjaga Indonesia Bersama Pejuang Suara Rakyat

Menjaga Indonesia Bersama Pejuang Suara Rakyat' photo

ACTNews, JAKARTA – Menjaga keberlangsungan pemilu yang demokratis, jujur, dan adil menjadi ikhtiar para petugas pemungutan suara (PPS) di seluruh Indonesia. Namun, kabar duka datang seiring berlangsungnya proses perhitungan suara. Puluhan petugas pemungutan suara dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) gugur dalam menjalankan tugas. Hingga Senin (22/4) sore,  korban jiwa tercatat sebanyak sebanyak 91 anggota PPS dan PPK, sedangkan lebih dari 300 orang dikabarkan sakit dan kelelahan.


Aksi Cepat Tanggap turut berbelasungkawa atas gugurnya para petugas PPS dan PPK di tengah ikhtiar mereka dalam menyukseskan pemilu tahun ini. Mengambil bagian untuk turut menjaga negeri, Aksi Cepat Tanggap mewakili masyarakat memberikan penghargaan kepada petugas PPS dan PPK, para pejuang suara rakyat.


"Sebagai bentuk ikhtiar menjaga demokrasi bangsa, ACT mendedikasikan tiga program khusus untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pejuang suara rakyat. Program-program itu berupa santunan kepada keluarga PPS atu pun PPK yang meninggal dunia, layanan kesehatan bagi PPS dan PPK, serta layanan makan gratis," ungkap Sukorini selaku Senior Manager Global Zakat, Selasa (23/4).

Hingga Selasa (23/4), 21 data PPS, PPK, atau pun saksi meninggal dunia telah diterima ACT. Sukorini menjelaskan, per Selasa (23/4), pemberian bantuan kepada keluarga PPS, PPK, atau pun saksi pemilu mulai dilakukan.


“Santunan diberikan kepada keluarga Syaddam Koordinator Saksi Pemilu di Desa Airhaji, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Beliau memiliki anak usia 4 bulan yang meninggal dunia karena sakit bertepatan dengan hari tugas beliau. Saat bertugas, bapak Syaddam tidak sempat mendampingi anaknya yang sakit. Tim ACT di Sumatera Barat pun menemui keluarga Syaddam,” jelas Sukorini.


Lebih lanjut Sukorini menjelaskan, para penerima manfaat santunan kemanusiaan pejuang suara rakyat ACT tersebar di sejumlah kabupaten dan kota, antara lain di Kabupaten Agam ,Bogor, Mojokerto, Sleman, dan Purwakarta.


Selain memberikan santunan kepada keluarga pejuang suara rakyat yang gugur, ACT juga memberikan pelayanan kesehatan kepada PPS atau pun PPK di sejumlah daerah di Jakarta.


“Mengetahui PPS dan PPK yang dengan keadaan kesehatan yang kurang baik, siang ini, tim medis Aksi Cepat Tanggap turut berikhtiar memberikan pelayanan kesehatan kepada PPS dan PPK di daerah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Insyaallah, pada Selasa, selain pelayanan kesehatan, apresiasi juga akan diberikan dengan membagikan makanan siap santap melalui Humanity Food Truck,” ungkap Sukorini.

Ia menerangkan, selain sebagai apresiasi setinggi-tingginya, ACT berharap empati kepada kepada para pejuang suara rakyat juga menjadi salah satu media menguatkan semangat persatuan bangsa. “Melalui cara ini kita berjuang bersama jaga Indonesia,” pungkas Sukorini. []

Bagikan