Menjangkau Puluhan Ribu Penerima Manfaat di Momen Menjelang Ramadan

Dalam waktu sepekan menjelang Ramadan, ACT meluaskan pendistribusian pangan Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan ke berbagai elemen masyarakat. Jangkauannya ke berbagai wilayah di Nusantara, melibatkan ratusan relawan dan puluhan ribu jiwa penerima manfaat.

Relawan di Wakaf Distribution Center Gunung Putri, Bogor merapikan Beras Wakaf. Di gudang kemanusiaan tersebut, tersedia ratusan ton logistik pangan siap distribusi. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Di momen Ramadan, Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan yang Aksi Cepat Tanggap inisiasi terus meluaskan kebaikan. Pangan yang bersumber dari sedekah masyarakat ini didistribusikan ke berbagai elemen masyarakat di berbagai penjuru negeri. Tak sekedar pembagian pangan, gerakan ini ingin membawa pesan gotong royong dan bukti nyata kedermawanan masyarakat di tengah pandemi.

Berdasarkan data yang ACTNews himpun, selama periode 5-11 April 2021, ada 161 titik implementasi Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan di momen menjelang bulan suci ini. Kebaikan masyarakat tersebut melibatkan 753 relawan yang mendistribusikan ke lebih dari 28 ribu jiwa penerima manfaat. Paket pangan berupa 8,5 ton Beras Wakaf serta lebih dari seribu gelas Air Minum Wakaf dibagikan.

Koordinator Wakaf Distribution Center sekaligus tim Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan Pungki Martha Kusuma mengatakan, gerakan kebaikan tersebut tak hanya menjangkau penerima manfaat di Jabodetabek saja. Akan tetapi, wilayah lain di berbagai pulau di Indonesia bisa merasakannya.

“Paket pangan dari Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan ini kami salurkan melalui cabang-cabang ACT yang tersebar di berbagai daerah. Melibatkan relawan Masyarakat Relawan Indonesia, aksi ini kami harapkan terus meluas dan menjangkau berbagai kalangan,” harap Pungki, Senin (12/4/2021).


Sebelum sampai di tangan penerima manfaat, paket pangan dari Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan ini ACT himpun di Wakaf Distribution Center. Gudang bantuan kemanusiaan ini menjadi penghubung antara dermawan yang menyalurkan sedekah pangannya dengan para penerima manfaat. Per 11 April, stok logistik beras mencapai ratusan ton serta puluhan ribu Air Minum Wakaf dalam kemasana botol dan gelas. Paket pangan ini nantinya yang bakal mendukung gerakan kebaikan ini hingga akhir Ramadan.

“Saat ini stok beras memang mencapai ratusan to, tapi bukan berarti ini sudah mencukupi keperluan masyarakat yang membutuhkan. Dukungan dermawan sangat kami nanti dan terus kami buka, terlebih Ramadan menjadi bulan yang mulia dan kesempatan besar untuk kita berbagi ke sesama,” ajak Pungki.[]