Menjelang Ramadan, Bantuan Musim Dingin Kembali Hadir untuk Keluarga di Gaza

Sekitar 3.000 warga Gaza menerima bantuan musim dingin berupa paket pangan, pakaian hangat, dan mesin penghangat ruangan. Bantuan ini diharapkan dapat menambah suka cita masyarakat Palestina menyambut Ramadan yang diperkirakan masih berbarengan dengan musim dingin.

musim dingin palestina
Keluarga di Gaza menerima bantuan musim dingin dari Sahabat Dermawan. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Wilayah Palestina diperkirakan masih akan mengalami musim dingin pada Ramadan nanti yang bertepatan dengan bulan April. Meski telah melalui puncak musim dinginnya pada Januari lalu, namun suhu pada April nanti terbilang masih mampu membuat masyarakat Palestina yang prasejahtera menggigil di rumah mereka yang tidak laya.

Untuk itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyampaikan amanah para dermawan berupa bantuan musim dingin untuk masyarakat Palestina di Gaza. Bantuan diberikan pada 26-27 Maret lalu. Bantuan yang diberikan antara lain berupa paket pangan, pakaian hangat, dan mesin penghangat ruangan.

Berbeda dengan mesin penghangat pada umumnya, bantuan penghangat kali ini merupakan penghangat ruangan yang menggunakan tabung gas 5 kilogram, bukan bertenaga listrik. Penghangat ruangan ini diharapkan lebih menghemat biaya. Selain itu, Gaza juga sering kali kekurangan pasokan listrik.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response Network ACT menjelaskan, bantuan ini menjangkau sedikitnya 3.000 jiwa  Bantuan didistribusikan hampir ke seluruh kegubernuran di Gaza. Di antaranya yaitu  Moasy Region di Rafah, Hamed Region dan Naher Al-Barad di Khan Younis, Al-Zahra dan Al-Sabra di Kota Gaza, serta Johor Al-Deek Region di Tengah Gaza.

"Musim dingin di Palestina belum berakhir. Ramadan nanti, jutaan warga Palestina akan menghadapi puasa lebih berat. Sebab, selain ada ancaman serangan dari Israel, mereka juga harus berjibaku untuk bertahan dari suhu dingin," ujar Said, Selasa (29/3/2022).

Bantuan para dermawan diharapkan mampu memberikan dukungan untuk kehidupan warga Palestina selama Ramadan. Said mengajak Sahabat Dermawan juga tidak berhenti menyampaikan bantuan terbaik.[]