Menumbuhkan Semangat Berwakaf Lewat Warung Wakaf Mobile

Beberapa orang yang datang ke Warung Wakaf Mobile tidak hanya berbelanja, namun juga berkesampatan untuk memahami wakaf lebih dalam. Mereka menjadi tertarik untuk berwakaf ke depannya.

Menumbuhkan Semangat Berwakaf Lewat Warung Wakaf Mobile' photo

ACTNews, JAKARTA - Ayu mengernyitkan dahinya ketika mendengar kata "wakaf". Ia pikir tadinya Warung Wakaf Mobile di area Pintu Utama Gelora Bung Karno (GBK), yang baru saja ia kunjungi untuk membeli beberapa belanjaan, sama seperti warung konvensional lainnya.

Namun ketika dijelaskan, Ayu yang menjadi salah satu panitia untuk pergelaran Kualifikasi Piala Dunia antara Indonesia melawan Malaysia pada Kamis (5/9) itu, semakin tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang wakaf. Ia juga ingin tahu lebih banyak soal Warung Wakaf Mobile dan Warung Wakaf.

“Jadi sebagian keuntungannya buat diwakafkan dan disalurkan untuk orang-orang yang kesulitan, ya? Kalau di Tangerang Selatan ada juga (Warung Wakaf)?” ujar Ayu. Ia lantas mendapatkan jawaban bahwa beberapa Warung Wakaf terdapat juga di dekat tempat ia tinggal.

Ayu mengaku ke depannya akan kembali berbelanja di Warung Wakaf maupun Warung Wakaf Mobile bila ia berkesempatan. Begitu juga dengan temannya, Yenisa. Karena baginya dengan berbelanja di Warung Wakaf Mobile, secara tidak langsung berarti beramal.


“Tertarik banget kalau ke depannya bisa berbelanja lagi di Warung Wakaf Mobile karena secara tidak langsung kan kita membantu orang yang membutuhkan juga. Jadi sekalian belanja, bisa dapat pahala juga,” ujar Yenisa.

Begitu juga dengan Panuntun, seorang anggota polisi yang sedang bertugas hari itu. Ia baru mengetahui konsep dari Warung Wakaf Mobile ketika ia baru saja selesai membeli beberapa kantong camilan dan segelas kopi dari sana.

“Berarti ibaratnya begini, nanti orang-orang yang membeli kan ikut membantu, jadi Warung Wakaf Mobile di event-event seperti ini mesti ada lagi. Karena bisa dibilang penting lah, hal-hal (kedermawanan) seperti ini,” kata Panuntun.

Setelah sebelumnya hadir di gelaran-gelaran publik, Warung Wakaf Mobile berencana untuk terus hadir di gelaran-gelaran umum seperti ini. Dengan hadirnya Global Wakaf di pasar yang beragam, akan lebih bermacam-macam juga masyarakat yang mengetahui wakaf.


“Kita bisa grab banyak orang, kita bisa tularkan semangat wakaf kita agar semakin dekat dengan masyarakat. Harapannya semakin banyak orang tahu mengenai wakaf, dan apa itu wakaf bagi umat,” jelas Aditya Pratama sebagai Head of Strategic Global Wakaf.

Oleh karenanya, kepada masyarakat yang datang ke Warung Wakaf Mobile, tim Global Wakaf juga ikut memberikan edukasi mengenai wakaf. Dengan cara ini, Warung Wakaf Mobile diharapkan dapat lebih mendekatkan wakaf kepada masyarakat luas.

“Ketika orang lewat, terus dia lihat ada yang aneh, wajahnya mungkin terlihat bingung. Nanti kita tanyakan apa dia pernah dengar tentang wakaf. Dan kalau responsnya positif, kita ajak ke booth untuk menjelaskan lebih lanjut,” kata Aditya. []

Bagikan