Menuntaskan Amanah Sumur Wakaf Untuk Mendiang Warsih

Warsih (62) tak memiliki MCK sendiri di rumahnya. Namun keinginan untuk memiliki MCK pribadi, masih terkendala kebutuhan harian yang lebih mendesak.

sumur wakaf keluarga
Salah satu anak Warsih sedang memanfaatkan Sumur Wakaf yang baru saja rampung akhir Agustus lalu. (ACTNews)

ACTNews, KOTA TASIKMALAYA – Beberapa masyarakat di Kelurahan Cibeuti, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, belum memiliki sumur, bahkan MCK pribadi. Selama ini masyarakat yang tidak memiliki sumur dan MCK mereka menggunakan air di sumur tetangga atau di empang.

“Rata-rata masyarakat yang memang belum memiliki MCK, memang tergolong warga prasejahtera. Sementara untuk membuat sumur pribadi serta MCK relatif memerlukan biaya yang cukup besar,” jelas Muhammad Fauzi Ridwan dari Tim Global Wakaf-ACT Tasikmalaya pada Selasa (12/10/2021) ini.

Salah satu dari warga tersbut ialah Warsih (62) seorang sepuh yang tinggal di rumah semi-permanen. Puluhan tahun rumah itu tak direnovasi. Beberapa bagian rumah terluhat rapuh, dengan dinding yang berlubang di sana-sini.


Sementara fasilitas rumah terbatas, termasuk MCK, penghasilan Warsih hanya cukup untuk sehari-hari. “Nenek Warsih setiap hari berdagang gorengan keliling untuk memenuhi kebutuhan, serta merawat dua orang anaknya yang menderita kelumpuhan sejak lima tahun lalu,” ucap Fauzi.

Global Wakaf-ACT berikhtiar menyelesaikan permasalahan sanitasi keluarga Warsih dengan membangun Sumur Wakaf Keluarga. Pembangunan sumur sedalam kurang lebih 20 meter ini, memakan waktu sekitar dua pekan dan rampung pada akhir Agustus lalu.

Tetapi sayang, Warsih tak sampai melihat sumur baru di rumahnya. Sebab sebelum pengerjaan Sumur Wakaf dimulai, Warsih telah berpulang ke Yang Maha Kuasa. Bagaimana pun Arifin, salah seorang anak Warsih, berterima kasih dengan hadirnya Sumur Wakaf di rumah mendiang ibunya.

“Semoga bantuan dan amal kebaikan yang diberikan, dibalas oleh Allah berkali-kali lipat lebih baik. Semoga pula, Sumur Wakaf ini dapat bermanfaat bagi keluarga kami serta lingkungan sekitar,” harap Arifin. []