Menyambut Ramadan dengan Kolaborasi Kebaikan

Menyambut Ramadan, ACT Kalsel bersama SDIT Al Firdaus Banjarmasin membagikan paket pangan untuk warga prasejahtera.

ACTNews, BANJARMASIN – Kolaborasi kebaikan melahirkan kebahagiaan. Demikian lah yang terlihat di halaman Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Firdaus Banjarmasin, Kamis (2/5) pagi lalu. Ratusan warga terlihat memadati halaman sekolah sembari tersenyum semringah membawa sebuah paket berwarna biru. “Alhamdulillah dapat paket gratis. Ada beras, minyak, gula, kecap, susu, sirup dan biskuit,” ucap Sarinah, warga Kelurahan Sungai Gempa Banjarmasin Utara yang menjadi salah satu penerima manfaat.

Wanita 52 tahun yang telah menjanda itu mengaku bersyukur sekali dengan adanya bantuan paket pangan dari SDIT Al Firdaus, yang berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel). “Senang sekali bisa dapat bantuan ini, bisa buat persiapan Ramadan. Terima kasih untuk para donatur,” ungkap Sarinah haru.

Paket pangan sebanyak 475 buah itu dibagikan kepada warga yang paling membutuhkan di Kelurahan Sungai Gempa dan sekitarnya. Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menjelaskan kegiatan tersebut menjadi salah satu rangkaian program Marhaban Yaa Dermawan ACT Kalsel. “Dengan kolaborasi bersama SDIT Al-Firdaus yang merupakan mitra kami dalam berbagai kegiatan sosial semoga menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat tahun ini,” ungkap Zainal.

Kegembiraan juga dirasakan oleh guru-guru dan siswa-siswi SDIT Al Firdaus. Mereka bergotong-royong membagikan paket pangan kepada warga. Wajah-wajah penuh tawa menghiasi kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga pukul 11.00 WITA itu.




“Program ini kami lakukan sebagai komitmen sekolah membangun karakter kepedulian anak-anak melalui kegiatan berbagi dengan masyarakat secara langsung serta untuk menjaga hubungan kedekatan dengan warga sekitar sekolah. Sudah seharusnya dengan keberadaan sekolah ini bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar, apalagi warga Sungai Gempa memang kebanyakan keadaan ekonominya cukup rendah,” jelas Alamsyah selaku Kepala Sekolah SDIT Al Firdaus.

Aksi sosial yang juga dibantu oleh relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banjarmasin itu berlangsung tertib. Sebanyak 300 paket pangan Ramadan dibagikan di halaman SDIT Al Firdaus. Sedangkan 175 paket lainnya dibagikan di RT 14 Kelurahan Sungai Gempa.

Dijelaskan oleh Muhammad Budi Rahman Wahid selaku Koordinator Program ACT Kalsel, sebelumnya ACT bersama SDIT Al Firdaus telah melakukan bazar amal untuk mengumpulkan dana. “Kami membuat bazar pada bulan April yang lalu dan hasil penjualan kami belikan paket pangan, selain itu sumber dana juga berasal dari orang tua murid dan para donatur lainnya,” terang Budi.

Selain berbagi paket pangan Ramadan, rangkaian program Marhaban Yaa Ramadan ACT Kalsel juga diawali dengan giat peduli masjid. “Kami menyampaikan amanah donatur untuk membagikan pembersih lantai. Dan menyambut Ramadan telah terdistribusi 48 botol pembersih lantai di tiga masjid di Banjarmasin,” pungkas Budi. []