Menyapa Diaspora Uighur di Awal Ramadan

Bantuan pangan dari masyarakat Indonesia hadir untuk diaspora Uighur di Istanbul, Turki. Tepat sebelum Ramadan tiba, bantuan pangan diperuntukkan bagi mereka yang nonaktif bekerja karena pandemi Covid-19.

Menyapa Diaspora Uighur di Awal Ramadan' photo
Diaspora Uighur di Turki menerima bantuan pangan. Covid-19 melumpuhkan sektor ekonomi dengan membekukan sejumlah mata pencarian. (ACTNews)

ACTNews. ISTANBUL – Dampak Covid-19 turut dirasakan diaspora Uighur di Istanbul, Turki. Pandemi juga melumpuhkan ekonomi sehingga penghasilan mereka menurun. Bahkan, sebagian keluarga Uighur prasejahtera juga semakin merana dengan naiknya harga keperluan pokok sedangkan penghasilan berkurang. Ramadan pun harus dilewati dengan kondisi serba terbatas.

Ramadan ini, Aksi Cepat Tanggap menyapa ribuan warga prasejahtera Uighur di Istanbul. Ratusan paket pangan diberikan kepada 1.860 jiwa pada Rabu (22/4) dan Kamis (23/4) lalu. Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response – ACT yang bertanggung jawab untuk program ini menjelaskan, bantuan diberikan untuk diapora Uighur yang terdampak Covid-19. “Tidak ada lapangan kerja aktif selama wabah, mereka jadi kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga,” kata Firdaus. Hingga akhir pekan lalu. lebih dari 100.000 kasus positif Covid-19 menerjang Turki.

Paket pangan yang terdiri bahan makanan pokok, susu, dan cemilan itu diperoleh dari toko halal dan berkualitas milik keluarga Uighur di Turki. Firdaus mengatakan, hal ini juga menjadi bentuk dukungan kepada para diaspora.

“Selain halal, mereka juga punya barang-barang berkualitas, dan banyak ragam produknya,” tambah Firdaus. Paket pangan yang sudah siap pun dikemas menggunakan kardus dan diantarkan langsung kepada para penerima.

Bantuan paket pangan Ramadan kali ini bermitra dengan organisasi Muslim Malaysia Volunteer. Oraganisasi yang berdiri Desember 2014 itu juga berfokus kepada isu-isu kemanusiaan. Dalam aksi globalnya kali ini, MVM menggandeng ACT.

Minever, salah satu diaspora Uighur, mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan yang hadir di awal Ramadan. "Terima kasih MVM dan ACT," kata Minever.[]


Bagikan