Menyapa Nelayan Rana Loba di Momen Iduladha

Kurban bagi warga Manggarai Timur masih berlanjut di hari tasyrik pertama. Kelurahan Rana Loba di Kecamatan Borong yang penduduknya mayoritas nelayan menjadi tujuan Global Qurban hari itu.

ACTNews, MANGGARAI TIMUR – Hamparan perahu menyapa tim Global Qurban saat memasuki Kampung Nggeok, Kelurahan Kota Nduga, Kecamatan Borong. Kampung Nggeok merupakan sebuah kampung yang mayoritas penduduknya mencari nafkah sebagai nelayan. Di sisi hulu, seekor sapi sudah disiapkan pada Senin (12/8) itu.

Amin Kedeng (50) pencari ikan dari kampong Nggeok pun amat bersyukur. Daging kurban sampai ke kampunya. Menurut Amin, keluarga nelayan sangat jarang mengonsumsi daging sapi. “Itu saja pas pesta,” aku Amin.



Amin sehari-hari menombak ikan dengan panah ikan buatan sendiri. Ikan hasil tangkapan pun dijualnya ke pasar. Dalam sehari, ia harus berjalan kurang lebih 500 meter ke dermaga dan berenang menyusuri pantai hingga beberapa kilo meter.

Hal itu pun diakui istri Amin, Rukayah Ibrahim (47), sebagai keluarga nelayan yang belum tentu bisa membeli daging sapi, kedatangan kurban dermawan Global Qurban sangat berkesan bagi mereka. “Syukur alhamdulillah ada bantuan seperti ini,” tutur Rukayahi. Ia pun berencana memasak rendang dan kering daging sapi yang ia peroleh.

Menurut Rukayah, nikmat apapun harus disyukuri, termasuk pekerjaan suaminya. “Tidak pakai sampan, tidak pakai lempara (perahu), hanya bermodalkan tangan dan mata saja bapak menangkap ikan. Saya juga bantu cari ikan, lomba renang kami,” ungkapnya. Rukayah sendiri bertugas menjual ikan hasil tangkapan ke pasar.

Menurutnya, semua pekerjaan bila dilakukan dengan senang hati akan mendapatkan hasil maksimal. Ia mengaku, sebagai orang tua yang bermata pencaharian sebagai nelayan, ia mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga sarjana. “Kalau kita kerja keras insyaallah dapat hasil,” ceritanya.


Menurut Koordinator Global Qurban Kabupaten Manggarai Timur Danu Putra Anugrah mengatakan, masyarakat nelayan menjadi salah satu sasaran pendistribusian kurban oleh Global Qurban di Manggarai Timur. Menurut Danu, tujuan Global Qurban di Manggarai Timur adalah membagikan kebahagiaan. “Kami membagikan daging kurban untuk masyarakat nelayan yang juga terdampak kekeringan,” tutup Danu. []