Menyebarkan Bantuan Terbaik ke Afrika pada Ramadan 2020

Di Somalia, ACT membagikan ratusan Al-Qur’an ke sekolah tahfiz

Salah satu ibu di Bamako menerima bantuan pangan pada Ramadan 2020. (ACTNews)

ACTNews, AFRIKA – Bantuan Sahabat Dermawan di Indonesia menyapa benua Afrika Ramadan lalu. Aksi Cepat Tanggap mengantarkan amanah dermawan itu menjadi berbagi macam bantuan ke Somalia, Uganda, Mali, Gambia, dan Ethiopia.

Di Somalia, ACT membagikan ratusan mushaf Al-Qur’an ke Sekolah Tahfiz Alhidiaaya, di Distrik Garasbaley.  Mushaf Al-Qur’an diterima oleh anak-anak sekolah tahfiz. Mereka berharap bisa menggunakan Al-Qur’an untuk keperluan menghafal. Di Somalia, ACT juga mendistribusikan bantuan pangan kepada ratusan keluarga di Distrik Abdi Aziz, Mogadishu. Paket pangan berisi gula, tepung, beras, minyak goreng, kurma, susu dan deterjen dengan target penerima manfaat sebanyak 1.897.

Tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di Somalia, ACT juga membagikan mushaf Al-Qur’an di Uganda, tepatnya di Distrik Butalenja. Bantuan mushaf Al-Qur’an diberikan kepada hampir 200 anak. 

ACT juga menyambangi beberapa kota di Mali untuk membagikan iftar. Daerah yang dikunjungi tim ACT diantaranya adalah Rumah Sakit Quartier, masyarakat di sekitar halaman Masjid Rahma, dan Pusat Lembaga Pemasyarakatan Kota Bamako. Sebanyak 300 paket iftar di bagikan kepada pasien dan tenaga medis rumah sakit serta 300 paket lainnya ke petugas lembaga dan tahanan lapas.

Paket pangan juga diberikan kepada janda dan anak-anak yatim dari keluarga tidak mampu. Paket pangan ini menjangkau 2.100 penerima manfaat.

Lain cerita di Gambia, ACT memberikan mushaf Al-Quran untuk 420 warga yang merupakan ibu-ibu dan anak-anak di Distrik Kombo St Mary, Tallinding. Al-Qur’an ini diharapkan bisa menjadi fasilitas untuk mengaji di bulan Ramadan.

Sedangkan di Ethiopia, ACT memberikan 420 Alquran kepada anak-anak, masjid-masjid, dan para tokoh agama di Distrik Guradhamole Woreda dan Distrik Kersa Dula Woreda. 

“Bantuan ke negara-negara Afrika seperti Somalia, Uganda, Mali, dan negara lainnya adalah bentuk perluasan kedermawanan. Semoga Ramadan ini kita bisa menyebarkan kebermanfaatan yang lebih masif,,” ujar Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response-ACT. []