Menyediakan Hewan Kurban Berkualitas Sesuai Syariat Islam

Menjelang Iduladha, Global Qurban terus memastikan persediaan serta kondisi hewan kurban dalam keadaan terbaik. Hal ini dilakukan demi memenuhi syariat berkurban.

Menyediakan Hewan Kurban Berkualitas Sesuai Syariat Islam' photo
Kandang di peternakan yang berlokasi di Tambung Selatan, Bekasi yang berisi kambing siap kurban. Peternakan ini akan menjadi salah satu penyuplai hewan kurban untuk Global Qurban di Iduladha tahun 2020 ini. (ACTNews)

ACTNews, BEKASI – Satu bulan menjelang Hari Raya Iduladha, Global Qurban - ACT terus mempersiapkan hewan kurban terbaiknya untuk pekurban. Walau berkolaborasi dengan peternak lokal dan luar negeri, Global Qurban tetap memastikan hewan yang akan disembelih dalam keadaan baik hingga hari raya tiba. Salah satu peternakan yang menyediakan hewan kurban terbaik untuk Global Qurban ialah peternakan milik Saibur yang ada di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Ahad (28/6) kemarin, tim Global Qurban - ACT mengunjungi peternakan milik Saibur. Embikan kambing telah terdengar dari luar area peternakan. Ketika masuk, terlihat ratusan kambing yang terpisah kandang berdasarkan usia. Kondisi hewan kurban tersebut pun dalam keadaan sehat dan bersih.

“Kami selalu memastikan kandang dalam keadaan bersih, juga hewan kurbannya. Ada jadwal pembersihan rutin yang dilakukan oleh pekerja di perternakan,” jelas Saibur.

Kondisi hewan kurban yang sehat menjadi salah satu syarat dalam berkurban. Hal ini lah yang dipenuhi Global Qurban dan mitra-mitra peternaknya untuk mengadakan hewan kurban sesuai dengan syariat. Kesehatan hewan kurban bisa dilihat dari mata, hidung, dan mulutnya. Perawatan sangat berpengaruh pada kondisi hewan kurban.

“Mata terlihat sehat, hidung tidak kering, gigi dan mulutnya sehat, dan tidak cacat itu bisa dikatakan hewan dalam kondisi sehat dan layak untuk disembelih. Peternak profesional dan berpengalaman pasti memastikan kondisi hewan ternaknya dalam keadaan sehat,” jelas Nurmansyah, peternak sapi asal Gunung Putri, Bogor yang juga menjadi salah satu mitra Global Qurban, Selasa (23/6).

Selain usia, hewan kurban dari Global Qurban - ACT pun telah memenuhi syarat usia sebagai sembelihan di hari raya Iduladha. Untuk unta minimal lima tahun dan telah masuk tahun ke-6,  sementara sapi usia minimal 2 tahun dan sedang masuk tahun ke-3. Untuk domba minimal usia 1 tahun, jika sulit menemukan domba dengan usia tersebut bisa yang berusia 6 bulan. Sedangkan kambing minimal 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.

Hewan kurban yang hendak disembelih di hari raya Iduladha pun harus hewan ternak, bukan liar. Untuk itu, Global Qurban - ACT menjalin kerja sama dengan peternak di berbagai daerah. Proses penyembelihan pun dilakukan sesuai dengan waktu, yaitu pada hari Iduladha serta tiga hari setelahnya.[]


Bagikan