Menyemangati Santri di Maluku Tengah dengan Bantuan Mushaf Alquran

Menjaga peradaban Islam menjadi tanggungan semua pihak, termasuk Aksi Cepat Tanggap (ACT). Hal ini kemudian diwujudkan dengan pendistribusian Alquran ke pesantren di Maluku Tengah bersama mitra Syaamil Quran Surabaya.

Santri di Maluku Tengah menerima mushaf Alquran, yang didistribusikan oleh ACT Maluku bersama Syaamil Quran Surabaya. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH Tak lama setelah Hari Santri Nasional, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali mendistribusikan Alquran untuk santri-santri di berbagai pelosok negeri. Setelah sebelumnya 15 ribu mushaf Alquran terdistribusi bagi santri se-Sumatra Barat, kali ini santri di Maluku Tengah yang mendapatkannya. Bertempat di Pesantren Al-Anshor dan Hidayatullah, Kecamatan Salahutu, pada Kamis (29/10), para santri menerima mushaf Alquran baru.

Distribusi mushaf Alquran ini merupakan kolaborasi ACT Maluku bersama Syaamil Quran Surabaya. Sebanyak 364 mushaf terdistribusi dengan harapan bisa mendukung para santri lebih giat dalam memahami dan menghafal kitab suci tersebut. “Hadirnya Alquran ini kami harap bisa digunakan secara sungguh-sungguh agar manfaatnya bisa dirasakan oleh santri dan masyarakat umum kelak santri terjun langsung untuk berdakwah di tengah masyarakat,” harap Wahab Loilatu, Kepala Cabang ACT Maluku.

Di Maluku sendiri banyak berdiri pesantren-pesantren yang memiliki santri penghafal Alquran, di antaranya Hidayatullah dan Al-Anshor, lokasi ACT dan Syaamil Quran mendistribusikan mushaf. Di sini, para santri dibina dengan materi pembelajaran Islam hingga umum. Bantuan Alquran yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas mereka sebagai penghafal Alquran dan penerus generasi Islam.

Sebelumnya, dalam rangka Hari Santri Nasional, ACT Sumatra Barat juga mendistribusikan mushaf Alquran. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai 15 ribu mushaf. Jumlah tersebut didistribusikan bagi santri seantero Sumatra Barat dengan perhitungan satu mushaf bisa dimanfaatkan oleh tiga santri. “Kami ingin generasi muda bisa memiliki Alquran baru untuk mendukung dan menyemangati mereka dalam proses menimba ilmu,” ungkap Kepala Cabang ACT Sumatra Barat Zeng Welf, Senin (26/10).

Selain di dalam negeri, ACT juga mendistribusikan mushaf Alquran ke anak-anak di negara yang sedang dirundung konflik kemanusiaan seperti Suriah dan Palestina. Hadirnya mushaf ini, baik di dalam dan luar negeri, tak lepas dari peran masyarakat Indonesia yang ikut mengambil peran besar dalam menjaga peradaban Islam.

ACT pun hingga kini masih membuka kesempatan untuk siapa saja berkontribusi dalam menjaga peradaban Islam. Melalui laman Indonesia Dermawan yang ACT siapkan sebagai sarana kemudahan sedekah, semua orang dan pihak bisa bersedekah.[]