Merawat Bibit Hewan Kurban dengan Baik

Melalui Lumbung Ternak Wakaf (LTW), Global Qurban-ACT tiap tahunnya mendapatkan suplai hewan kurban. Ribuan hewan yang didistribusikan ke berbagai daerah merupakan hewan dengan perawatan dan kualitas terbaik.

Merawat Bibit Hewan Kurban dengan Baik' photo
Pemberian susu ke hewan ternak di LTW Tasikmalaya. Susu ini merupakan salah satu pemenuhan gizi hewan ternak yang nantinya akan dijadikan hewan kuban. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, TASIKMALAYA – Kompleks kandang penuh dengan kambing-kambing terawat berdiri di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya. Tempat ini merupakan Lumbung Ternak Wakaf binaan Global Wakaf-ACT. Dari sini lah, ternak-ternak berkualitas disuplai untuk kebutuhan dermawan yang berkurban melalui Global Qurban-ACT.

Cintabodas merupakan salah satu desa yang ada di wilayah perbukitan Kabupaten Tasikmalaya. Udara sejuk mengepung Cintabodas sepanjang waktu. Tempat yang nyaman ini pula yang mendukung perawatan terbaik hewan-hewan ternak di LTW.

Rosman, salah satu pengurus LTW Tasikmalaya mengatakan, selain penggemukan, saat ini LTW Cintabodas juga melakukan pembibitan pada kambing dan domba yang diternak di sana. Pakan dan khusus pun diberikan untuk menghasilkan kualitas hewan ternak terbaik untuk Iduladha mendatang.

“Sejak anakan, kami (peternak LTW) memberikan komposisi gizi dan perawatan khusus ke hewan ternak. Dengan begitu akan didapatkan kualitas hewan kurban terbaik untuk Iduladha, kami menjamin itu karena kami yang merawatnya sendiri,” ungkap Rosman, Rabu (11/12).

LTW Cintabodas merupakan salah satu tempat penyuplai hewan kuban untuk Global Qurban-ACT. Tiap tahunnya, ribuan hewan kurban dari LTW Tasikmalaya dikirimkan ke berbagai daerah, khususnya daerah prasejahtera dan terdampak bencana. Di LTW ini juga, hewan kurban milik pekurban yang mengikuti program Qurban Progresif dan Qurban Intensif dirawat dengan baik hingga hari raya Iduladha datang.

Untuk pemberian pakan pun bersumber dari rumput odot yang LTW kelola sendiri. Pengelolaan ini juga melibatkan masyarakat sekitar yang juga berpengaruh pada pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar peternakan. []


Bagikan