Merdeka Berbagi Bersama Legiun Veteran Kota Semarang

Memperingati kemerdekaan dengan semangat berbagi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baiturrahman Kota Semarang melakukan sarasehan kepada para veteran di Semarang.

Penyerahan bantuan pangan kepada para veteran. (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG – Memperingati kemerdekaan dengan semangat berbagi diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baiturrahman Kota Semarang bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah. Adapun semangat berbagi diwujudkan dengan memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat prasejahtera dengan tema kegiatan “Merdeka Berbagi”. 

Puncak kegiatan "Merdeka Berbagi" dikemas dalam acara sarasehan dengan menggandeng Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Semarang. Acara digelar di Jalan Pamularsih, Kecamatan Semarang  Barat dan dihadiri lembaga amil zakat serta berbagai komunitas pada (29/8). Puluhan bingkisan sebagai tanda tali asih pun diberikan kepada segenap keluarga veteran yang hadir dalam sarasehan tersebut.

Kepala Cabang ACT Jawa Tengah Giyanto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kesungguhan generasi muda turut membangun bangsa. “Mari wujudkan peran kedermawanan dalam membangun negeri tercinta. Bergotong royong dalam kebaikan, semangat saling jaga saling bantu sesuai dengan kemampuan dan profesi apapun dari generasi muda,” ungkap Giyanto.

Ia menambahkan, instrumen zakat, infak, sedekah hingga wakaf dapat digunakan untuk membangun perekonomian bangsa. Sebagai contoh, dalam giat bersama legiun veteran kali ini, ACT dan Global Wakaf memberikan bantuan beras wakaf dalam serangkaian program Operasi Beras Gratis.

H.J. Soedjani sebagai ketua LVRI Kota Semarang sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan kepada para Veteran di Semarang. “Terima kasih atas tali asih yang diberikan kepada keluarga veteran. Terima kasih juga sudah diberikan kesempatan untuk berbagi cerita perjuangan kami mempertahankan serta menjaga kemerdekaan kala itu,” ungkap Soedjani.

Soedjadi berharap generasi muda jangan sampai kehilangan semangat untuk memerdekakan Indonesia dalam artian yang lebih luas. “Merdeka secara ekonomi, merdeka secara keilmuan, merdeka dalam mensejahterakan rakyat Indonesia. Mari anak muda, lanjutkan perjuangan,” tutupnya.[]