Meredakan Tumor, Menumbuhkan Lagi Harapan Seno

Benjolan Seno yang sudah ada di pipinya sejak lahir, kini sebesar kepalan tangan orang dewasa. Anak kelas 6 SD ini kerap kali diledek oleh teman-temannya karena benjolan tersebut. Seno butuh 4 kali operasi untuk sembuh, tapi terkendala biaya.

Seno bersama ibunya. (ACTNews/Slamet)

ACTNews, TEGAL – Seno memang punya benjolan kecil di pipinya sejak lahir. Tetapi saat dia anak-anak baru diketahui benjolan di pipi bocah berumur 11 tahun tersebut merupakan tumor. Terakhir kali mereka memeriksakan benjolan saat Seno berusia 9 tahun di Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal dan Seno dirujuk untuk operasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kariyadi Semarang. 

Pihak rumah sakit mengatakan, perlu 4 kali operasi untuk mengangkat jaringan tumor di pipi kirinya, tetapi kondisi ekonomi tidak mendukung operasi Seno. Rian, ayah dari Seno, merupakan buruh nelayan  yang pulang hanya sekali atau dua kali dalam satu minggu dengan hasil yang tidak menentu. Sementara Rasimah, ibu dari Seno, bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Kini benjolan di pipi kiri tersebut semakin membesar. Benjolannya sebesar kepalan tangan orang dewasa, sehingga membuat Seno terlihat kelelahan menahan beban dari benjolan tumor tersebut. Benjolan itu juga yang membuat Seno yang kini duduk di bangku kelas 6 SD Negeri Bongkok Kabupaten Tegal, sempat enggan untuk datang ke sekolah sebab ia malu saat harus bergaul. Tak jarang juga beberapa teman-temannya meledek sehingga membuatnya merasa minder.


Seno yang menangis ketika Tim MSR - ACT Tegal Berkunjung. (ACTNews/Slamet)

Meskipun saat ini Seno telah memiliki jaminan kesehatan, tidak semua biaya untuk pengangkatan tumor bisa dibiayai oleh kartu tersebut. Mengingat segala keterbatasan tersebut, Seno hanya diberi obat-obatan herbal.

Tim Mobile Social Rescue (MSR) - ACT Tegal berikhtiar meringankan segala kesulitan keluarga Seno. Tim MSR – ACT langsung datang ke rumah seno di wilayah Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Melalui kolaborasi kemanusiaan, MSR – ACT Tegal dan Kitabisa.com melakukan penggalangan donasi untuk kebutuhan medis Seno dan beberapa penerima manfaat lainnya yang juga mengalami kondisi serupa.


Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal Siswartono mengajak kepada seluruh masyarakat luas untuk lebih peduli.  “Apa yang dialami Seno adalah potret kecil dari sekian banyak saudara kita yang pantas kita bantu,” ujarnya.

Ia menambahkan, para dermawan sekalian dapat berdonasi dengan mengunjungi tautan https://kitabisa.com/aksibisasembuhtegal atau transfer donasi ke rekening Aksi Cepat Tanggap VA BNI Syariah # 8660 2910 2004 0321 selanjutnya konfirmasi ke 0822 2391 7622. []