Meriahnya Perhelatan Kurban di Seluruh Indonesia

Dari Aceh hingga Maluku, perhelatan kurban disambut meriah oleh muslim Indonesia. Kurban menjadi momen istimewa bagi mereka yang prasejahtera, terdampak bencana, hingga muslim minoritas.

Meriahnya Perhelatan Kurban di Seluruh Indonesia' photo
Anak-anak di Kampung Sakai, Kabupaten Bengkalis ikut membagi daging kurban yang telah dicacah oleh warga setempat. (ACTNews/Auzar)

ACTNews, JAKARTA - Pandemi tidak menyurutkan antusiasme muslim Indonesia dalam menyambut Iduladha 1441 H. Gema takbir menggaung di berbagai wilayah, dilanjutkan dengan khidmatnya salat Iduladha. Setelahnya? Tentu saja penyembelihan hewan kurban, di mana warga dengan sigap menyiapkan segala sesuatunya.

Pandemi membawa kebiasaan baru pada perhelatan kurban tahun ini. Tingginya antusiasme warga menyambut perhelatan kurban dibarengi dengan protokol Covid-19. Mulai dari penyelenggaraan ibadah salat Iduladha, penyembelihan hewan kurban, hingga pendistribusian hewan kurban tidak terlepas dari protokol kesehatan ini. Satu yang tetap sama, yakni semangat gotong royong dan kehangatan warga dalam penyelenggaraan ibadah kurban.

ACTNews merekam kebersamaan momen kurban ini, di sela pendistribusian hewan kurban oleh Global Qurban - ACT di berbagai penjuru Indonesia. Kurban menjadi momen istimewa bagi mereka yang prasejahtera, terdampak bencana, hingga muslim minoritas. Berikut kisah-kisahnya.


Jabodetabek

Pendistribusian hewan kurban di Jabodetabek menyasar warga prasejahtera yang turut terdampak pandemi Covid-19. Dalam prosesnya, hewan kurban disembelih di Rumah Potong Hewan Dharma Jaya, Jakarta Timur, lalu dibawa untuk dikemas di Central Kitchen Aksi Cepat Tanggap Gadog, Bogor. Pendistribusian pun dibantu Humanity Bikers yang terintegrasi dengan Humanity Care Line ACT dengan tujuan meminimalisir kerumunan.

Kepala Humanity Care Line Pungki Martha Kusuma menerangkan, Global Qurban - ACT menarget penyembelihan 1000 sapi dengan target 100.000 penerima manfaat untuk wilayah Jabodetabek. "Distribusi di Gadog bogor dilakukan di hari raya Iduladha, Jumat, dan hari Sabtu. Untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang Raya, setelah dari RPH, daging diantarkan ke point of distribution di kantor cabang masing-masing untuk didistribusikan pada hari Ahad," kata Pungki, Jumat (31/7).

  

Aceh

Masyarakat Aceh kembali menyambut antusias kurban yang diamanahkan oleh para dermawan Turki melalui Global Qurban - ACT. Pada Iduladha kali ini, ada 400 ekor sapi kurban dibagikan kepada warga Aceh di berbagai kota dan kabupaten. Penyembelihan sapi perdana dilakukan di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan pada Jumat (31/7). 

“Ini sudah tahun keempat kita kerja sama dengan dermawan Turki dalam pendistribusian kurban di Aceh. Mengapa masyarakat Turki kurban ke Aceh? Karena Turki dan Aceh memiliki hubungan historis di masa lampau dan kurban ini menjadi wujud kepedulian mereka untuk saudara sesama muslim di Aceh,” terang Husaini Ismail selaku Kepala Cabang Global Qurban - ACT Aceh.

Ia menambahkan, pendistribusian kurban di Aceh akan berlangsung hingga hari tasyrik ketiga. Di hari Iduladha, pendistribusian kurban difokuskan di tiga kabupaten, yakni Subulussa, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan.

“Termasuk di Desa Kepek ini yang cukup pelosok. Dari Banda Aceh membutuhkan waktu tempuh selama lebih dari 9 jam. Alhamdulillah masyarakat sangat senang dan bersyukur dengan pembagian kurban di desa mereka dan bergotong royong dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban,” imbuh Husaini.



Warga Kampung Sakai, Kabupaten Bengkalis bahagia mendapatkan daging kurban setelah 10 tahun tidak ada penyembelihan hewan kurban di kampung mereka. (ACTNews/Auzar)


Bengkalis

Kabupaten Bengkalis tak luput dari sasaran pendistribusian kurban oleh Global Qurban - ACT. Pada Jumat (31/7), penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing diselenggarakan di Kampung Sakai, Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan. 

Auzar dari Tim Global Qurban - ACT Duri menyampaikan, pemberian daging kurban ditujukan untuk warga Kampung Sakai yang merupakan suku asli Bengkalis. Selain itu, wilayah tersebut menjadi prioritas mengingat sudah 10 tahun lamanya tidak ada penyembelihan kurban di Kampung Sakai.

“Oleh karenanya, pendistribusian kurban ini juga menjadi syiar dakwah bagi masyarakat setempat. Alhamdulillah, warga Kampung Sakai sangat antusias dengan penyembelihan hewan kurban dari dermawan Indonesia ini,” ungkap Auzar.


Gunungkidul

Meriah, begitulah suasana yang terasa di Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul pada Iduladha ini, Jumat (31/7). Gema takbir bersahut-sahutan mengiringi proses penyembelihan hewan kurban. Amanah kurban dari para dermawan Indonesia tersebut disambut sukacita oleh warga setempat.

Dengan sigap, warga bergotong royong membantu penyembelihan, pencacahan, hingga pendistribusian daging kurban untuk masyarakat Desa Kepek dan sekitarnya. Daging sapi dan kambing dibagi secara merata kepada sekitar 100 kepala keluarga prasejahtera di desa tersebut.

Kharis Pradana selaku Koordinator Program Global Qurban - ACT DI Yogyakarta menyampaikan, pendistribusian hewan kurban di hari Iduladha ini menyasar wilayah prasejahtera di Gunungkidul yang rawan kekeringan. “Desa Kepek ini wilayah krisis air bersih. Menurut cerita warga setempat, tidak ada satu pun warga di desa tersebut yang memiliki sumur air karena wilayahnya berupa perbukitan berbatu dan tidak memungkinan untuk didapat sumber air tanah walau sudah dibor ratusan meter. Oleh karenanya di hari Iduladha ini kami berbagi kebahagiaan kurban untuk warga di sana, yang kondisinya cukup prasejahtera,” ujar Kharis.


Palu

Dua tahun sudah warga Palu berikhtiar pulih dari bencana besar yang melanda pada Oktober 2018 lalu. Dalam upayanya untuk bangkit, pandemi Covid-19 melanda kota tersebut. Imbasnya, warga prasejahtera yang masih berjuang memulihkan ekonomi, kembali terpuruk akibat resesi ekonomi selama pandemi. Pada momen Iduladha ini, Global Qurban - ACT kembali menyapa mereka untuk berbagi nikmat kurban. 

Koordinator Program Global Qurban - ACT Sulawesi Tengah Mustafa mengatakan, total hewan kurban yang disembelih pada Jumat (31/7) hingga Sabtu (1/8) yakni 14 ekor sapi dan 220 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban pada hari Iduladha ini difokuskan pada penyembelihan sapi dengan memperhatikan protokol Covid-19. Daging kurban yang telah dicacah lantas didistribusikan untuk warga prasejahtera di Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.   


Halmahera Utara

Di Bumi Rempah ini, nikmat kurban dirasakan oleh warga prasejahtera Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Pendistribusian hewan kurban di wilayah tersebut juga disambut baik oleh Dandim Kodim 1508 Tobelo, Letkol Raymond Sitanggang.

“Terima kasih kepada Global Qurban - ACT yang telah menyerahkan sapi kurban untuk saudara-saudara kita yang kurang mampu. Semoga ke depannya kerja sama ini dapat terpelihara dengan baik sebagai bentuk kepedulian umat muslim di berbagai penjuru Indonesia untuk saudara saudara kita. Tentunya kita tidak boleh melupakan protokol Covid-19 dalam pendistribusian daging kurban, seperti memaakai masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan,” ujar Letkol Raymond, Jumat (31/7).

Di hari yang sama, semarak kurban turut dirasakan warga di 34 provinsi di Indonesia. Global Qurban - ACT pun akan terus menyapa saudara sebangsa dari barat hingga timur Indonesia, membawa kebahagiaan kurban sampai hari tasyrik ketiga. 

“Tidak hanya itu, kebahagiaan kurban ini juga kami bawa untuk saudara-saudara kita di puluhan negara prasejahtera serta terdampak krisis kemanusiaan. Insyaallah, amanah kurban dari sahabat dermawan akan kami sampaikan hingga hari tasyrik ketiga,” kata Sukorini selaku Manajer Global Qurban - ACT. []


Bagikan