Mewujudkan Harapan Hadi Miliki Rumah Layak

Bertahun-tahun Hadi dan istrinya yang mengalami strok dan tinggal di rumah tak layak huni di tengah hutan di Kabupaten Tasikmalaya. Harapannya yakni memiliki rumah layak huni, dan kini ACT akan mewujudkannya.

Fauzi (kanan) dari Tim Program ACT berfoto bersama Hadi (kiri) di depan rumah lama Hadi. Rumah ini nantinya akan dibangun ulang oleh ACT melalui program MSR. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Hadi (75) tidak bisa menahan haru saat menerima kunjungan tim Mobile Social Rescue (MSR) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya ke rumahnya di Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (19/01) lalu. Kedatangan tim ke sana untuk memberi kabar bahwa rumah Hadi akan dibangun kembali menjadi layak huni. Ia sedikit tidak percaya bercampur bahagia karena mimpinya akan segera terwujud.

Pembangunan rumah Hadi merupakan implementasi program MSR. Sekitar tiga bulan yang lalu, ACT melakukan asesmen ke tempat kediaman Hadi dan istrinya. “Rasanya bahagia bercampur haru, akhirnya akan punya rumah yang layak untuk ditempati,ungkap Hadi.

Saat ini, proses pembangunan baru akan berlangsung, Ahad (19/1). Fauzi dari Tim Program ACT Tasikmalaya mengatakan, sebelumnya tim ACT telah memberi kabar ke Hadi bahwa rumahnya akan dibangun kembali. Proses pencarian lahan baru juga dilakukan oleh tim ACT bersama Hadi. “Proses pencarian lahan baru untuk pembangunan rumah dilakukan mengingat Hadi dan istrinya sebelumnya tinggal di tengah hutan tanpa tetangga satu pun,” jelas Fauzi, Selasa (21/1).

Hadi merupakan lansia yang tinggal bersama istrinya di sebuah gubuk tak layak huni yang berdiri di tengah hutan. Tak ada satupun tetangga. Kondisi tempat tinggal Hadi hanya berdinding tempelan-tempelan kayu dan kain-kain bekas seadanya. Banyak celah di dinding itu, membuat udara dingin serta air hujan mudah masuk ke dalam rumah. Di rumahnya pun tak ada fasilitas MCK.

Sementara itu, istri Hadi mengalami sakit strok sejak 5 tahun teakhir. Jangankan untuk beraktivitas, untuk sekadar berbaring saja perlu bantuan Hadi. Selama sakit, hanya Hadi yang mengurus.[]