Militer Israel Tembak Pemuda Palestina di Tepi Barat

Militer Israel Tembak Pemuda Palestina di Tepi Barat

Militer Israel Tembak Pemuda Palestina di Tepi Barat' photo

ACTNews, TEPI BARAT – Dua orang perempuan dengan raut wajah sedih nampak pada foto yang ditampilkan Al Jazeera, Selasa (2/4) lalu. Dalam keterangan foto ditulis, ibu dari Mohamad Edwan, seorang pemuda Palestina berusia 23 tahun, di rumah sakit Ramallah. Mohamad Edwan martir ditembak militer Israel, sebagaimana dikonfirmasi Otoritas Kesehatan Palestina pada Selasa (2/4). Edwan ditembak tak jauh dari Kamp Qalandiya, di sebelah utara Yerusalem timur.

Menurut saksi mata, Edwan ditembak dari jarak dekat saat berada di kendaraannya. Tubuhnya sempat ditahan tentara Israel sebelum akhirnya diserahkan ke rumah sakit di Ramallah.  Penembakan Edwan pun mendominasi berita utama sejumlah surat kabar Palestina.

Selain Edwan, tiga orang juga dilaporkan mengalami luka-luka pada kejadian penembakan itu. Ketiga orang tersebut kini masih menjalankan perawatan di rumah sakit. Media lokal melaporkan, Israel menyerbu sejumlah permukiman Palestina di Tepi Barat dan sekumpulan massa di daerah itu. Sejumlah warga mengatakan, tentara Israel menembakkan peluru, gas air mata, dan granat setrum ke arah warga. Tentara Israel kerap kali melakukan penangkapan di Tepi Barat dengan dalih melakukan “orang yang dicari”.

Aksi pelanggaran hak asasi Israel pun terus meluas. Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan, rentetan pembongkaran rumah di Tepi Barat juga menjadi berita utama di surat kabar.

Sementara itu, perjuangan membebaskan Masjid Al-Aqsa juga menjadi sorotan media. Ditulis WAFA, Ketua Dewan Wakaf di Yerusalem Syekh Abdulazim Salhab menegaskan bahwa rakyat Palestina tidak akan berkompromi atas hak-hak mereka di Yerusalem dan jamaah pun akan tetap mengakses wilayah salat gerbang Al Rahma Masjidil Aqsa. []

Foto: dok. Al Jazeera, The Daily Star

Bagikan