Mobile Water Tank Pasok Air Bersih untuk Warga Tasikmalaya

Mobile Water Tank mengirim 5.000 liter air bersih untuk warga Desa Singkup, Tasikmalaya. Ke depannya, ACT Tasikmalaya akan mendistribusikan hingga 25.000 liter air bersih per hari untuk membantu warga di seantero Tasikmalaya yang terkena dampak kekeringan.

ACTNews, TASIKMALAYA - Mendapatkan air bersih di musim kemarau menjadi berkah tersendiri bagi warga Desa Singkup, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya. Sebab, kini air bersih menjadi barang kebutuhan yang langka di Desa Singkup. Sekalipun ada, harga jualnya sudah melambung tinggi. 

Irfan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tasikmalaya mengungkapkan, ketika kekeringan melanda, warga Desa Singkup harus berupaya lebih untuk mendapatkan air. Kata Irfan, biasanya warga mengambil air dari bak masjid yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman mereka.

“Kalau tidak dari bak masjid, warga hanya bisa menunggu bantuan dari pemerintah setempat,” ungkap Irfan. 

Sebagai bentuk kepedulian atas bencana kekeringan yang melanda Tasikmalaya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama MRI Tasikmalaya pun memboyong Mobile Water Tank untuk mengirim 5.000 liter air bersih untuk warga Desa Singkup. 

Baca juga: Desa Singkup, Wilayah Terdampak Kekeringan Terparah di Tasikmalaya


“Alhamdulillah, ACT Tasikmalaya menjadi lembaga yang pertama kali datang dan mendistribusikan air bersih untuk warga Desa Singkup,” tambah Irfan.  

Sedikitnya tercatat 100 keluarga menerima bantuan air bersih. Raut gembira pun terpancar dari wajah warga Desa Singkup. Een (45), swarga Desa Singkup menuturkan, “Hatur nuhun (terima kasih), ACT sudah bantu keberlangsungan kebutuhan air bersih kami. Hatur nuhun juga untuk para dermawan yang sudah berbaik hati.”

Bantuan air bersih pun tak berhenti sampai di sana. Insyallah, dengan memboyong Mobile Water Tank, ACT Tasikmalaya akan mendistribusikan hingga 25.000 liter air bersih per hari untuk membantu warga di seantero Tasikmalaya yang terkena dampak kekeringan. []