Modal Usaha Dukung Percepatan Pemulihan Pascabencana Selayar

Bantuan modal usaha kembali Global Wakaf-ACT salurkan untuk korban gempa di Kepulauan Selayar. Kedermawanan ini diharapkan mampu mempercepat proses pemulihan ekonomi warga terdampak.

act sulsel
Salah satu warung milik warga Selayar yang mendapatkan bantuan modal usaha. (ACTNews)

ACTNews, KEPULAUAN SELAYAR – Pendampingan untuk warga terdampak gempa di Kabupaten Kepulauan Selayar terus berlanjut. Kali ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan modal usaha untuk mendukung pemulihan ekonomi pascabencana. Pertengahan Januari lalu, bantuan tersebut tersalurkan untuk 10 penerima manfaat dari kalangan ibu rumah tangga.

Firman dari tim Program Global Wakaf-ACT Sulawesi Selatan, menjelaskan, gempa bermagnitudo 7,2 yang terjadi beberapa waktu lalu membawa dampak besar pada kehidupan warga. Tak hanya merusak bangunan, tapi juga geliat ekonomi. Sehingga ACT tak hanya menyarlukan bantuan pangan dan psikososial, tapi juga modal usaha.

“Melalui bantuan modal usaha, harapan besar agar kehidupan warga dari sisi ekonomi segera bangkit kembali,” ungkap Firman.

Sebanyak 10 penerima bantuan modal usaha ini tinggal di Kecamatan Pasilambena. Sebelum gempa, mereka memang sudah memulai usaha skala kecil, akan tetapi berhenti akibat gempa.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan modal usaha ini. Setidaknya kami bisa berjualan kembali yang hasilnya untuk kehidupan sehari-hari,” ungkap salah satu penerima bantuan yang memulai kembali usaha setelah mendapat dukungan modal dari Global Wakaf-ACT.

Bantuan serupa pun direncanakan bakal terus hadir untuk warga terdampak gempa di Kepulauan Selayar. ACT hingga kini masih membuka kesempatan masyarakat untuk ambil bagian dalam kedermawanan ini.

“Masyarakat bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan dengan menyalurkan sedekah terbaik melalui laman Indonesia Dermawan,” ajak Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Sulsel Maskur.[]