Motivasi Dakwah Ustaz Abdul Majid di Pelosok Sukabumi

Ustaz Abdul Majid yang merupakan seorang petani tetap gigih berdakwah di pelosok Sukabumi. Dalam dakwahnya, ia semata-mata ingin agar Islam terus terawat dan masyarakat mengamalkannya.

ustaz abdul majid
Ustaz Abdul Majid bersama santri-santrinya saat menerima bantuan dari Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SUKABUMI – Menjadi guru mengaji bagi masyarakat Kampung Manonjaya, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi adalah jalan hidup Ustaz Abdul Mujib. Saban sore sepulang dari sawah, ia sudah disambut suara riuh anak-anak yang datang ke rumahnya untuk mengaji.

Tidak hanya anak-anak, para remaja juga datang untuk mengaji ke Ustaz Abdul. Bahkan setiap pekan, Ustaz Abdul membuat pengajian untuk ibu-ibu. Semua kegiatan dakwah dilakukan ikhlas dan para santri tidak dipungut biaya. Bagi Ustaz Abdul, mengajari anak-anak dan ibu-ibu mengaji sebagai bentuk merawat ilmu pengetahuan agama. 

“Saya senang lihat anak-anak mengaji dan ibu-ibu berbondong-bondong datang ke pengajian. Kita harus merawat tradisi mengaji ini yang semakin hari semakin ditinggalkan. Jika kita sadar, kita orang yang mengerti ilmu, maka harus mengajari generasi penerus dan masyarakat sekitar. Ilmu yang kita ketahui, itu pasti dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT,” kata Abdul Majid, Sabtu (24/7/2021). 

Untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, Ustaz Abdul bercocok tanam di sawah. Hasil yang didapatkan tidak tentu mengikuti hasil panen. Dalam setahun, Ustaz Abdul dua kali panen. Dalam sekali panen, menghasilkan lebih kurang satu sampai satu setengah ton padi. 

“Kalau pekerjaan sehar-hari jadi petani di sawah. Alhamdulillah sawah sendiri, jadi bukan kuli. Untuk makan, bayar listrik, anak sekolah dari sawah ini. Hasilnya (panen) tergantung alam, jadi tidak tentu. Rasa kurang itu tidak boleh, alhamdulillah selalu cukup,” ujarnya.

Untuk membantu perjuangan dakwah Ustaz Abdul, ACT berikan bantuan biaya hidup. Melalui program Sahabat Dai Indonesia, Global Zakat-ACT ingin membantu menguatkan perjuangan dakwah dai di seluruh negeri, baik di kota maupun di pelosok. []