MRI – ACT Bekasi Peringati Hari Kemerdekaan RI dengan Bersih-Bersih Kali Cikarang

Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih Kali Cikarang, bersama seribu relawan dari 89 komunitas.

Relawan Aksi Save Kali Cikarang menggunakan perahu karet menyusuri sungai untuk membersihkan sampah-sampah yang bertumpuk di kali tersebut. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BEKASI – Memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI, ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bekasi turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih Kali Cikarang, bersama seribu relawan dari 89 komunitas di Hutan Bambu, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Senin (17/8).

Kegiatan tersebut bertema "Gerakan 1.000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang", diinisiasi oleh Komunitas Save Kali Cikarang yang melibatkan 90 komunitas, termasuk MRI dan ACT Bekasi. Sebelum aksi bersih-bersih dilangsungkan, kegiatan diawali dengan upacara pengibaran bendera di bantaran Kali Cikarang.

Koordinator MRI Kabupaten Bekasi Siti Romlah mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih yang digagas komunitas Save Kali Cikarang bertujuan mengembalikan kelestarian serta kebersihan air sungai yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Dalam aksi kali ini kami menurunkan 13 orang relawan kami, yang terbagi dua yaitu di air dan di darat. Kami kumpulkan sampah plastik yang ada di bantaran Kali Cikarang,” kata perempuan yang akrab disapa Siro itu.

 

Setelah upacara pengibaran bendera, para relawan menyusuri kali Cikarang sepanjang 2,5 kilometer untuk memungut berbagai macam sampah, terutama sampah plastik.

Selain para relawan dari berbagai macam komunitas, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja turut hadir. Masih menggunakan pakaian dinas lengkap usai upacara, Bupati Eka mengejutkan para relawan yang hadir. Ia pun tidak ketinggalan menyusuri kali menggunakan perahu karet. 

Eka mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan selalu mendukung aksi dari para relawan untuk kelestarian dan kebersihan alam di Kabupaten Bekasi, termasuk Kali Cikarang. 

Eka berharap, aksi bersih-bersih Kali Cikarang bisa menjadi motivasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan wilayah Kabupaten Bekasi.

“Langkah kongkrit dari kami Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada di Kali Cikarang,” kata Eka.[]