MRI-ACT Kabupaten Semarang Gelar Volunteer Class “Vertical and Fire Rescue”

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT menggelar kegiatan Volunteer Class Vertical and Fire Rescue. Kegiatan ini untuk membekali para relawan baru ketika turun dalam menghadapi bencana.

MRI-ACT Kabupaten Semarang
Sejumlah relawan MRI-ACT Kabupaten Semarang tengah melakukan Volunteer Class Vertical and Fire Rescue di arah pendakian Telomoyo yang berada di Getasan di ketinggian sekitar 1.400 meter. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SEMARANG — Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT menggelar kegiatan Volunteer Class Vertical and Fire Rescue di Dusun Tolokan, Desa Tolokan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini untuk membekali para relawan baru ketika bertugas di lokasi bencana. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (28/8/2021) bertempat di arah pendakian Telomoyo di ketinggian sekitar 1400 meter. Sebelumnya

Ketua MRI Kabupaten Semarang, Elvan Ardi menjelaskan, materi dan praktik pertama dimulai dengan topik fire rescue. Simulasi pemadaman gas dengan kondisi api menyala dari tong yang dibakar dengan minyak. Tiap relawan melakukan simulasi satu per satu.

“Materi selanjutnya lebih seru, diawali dengan belajar tali temali. Dengan tentor dari Satuan Emergency Relawan Indonesia (SERI) Kabupaten Semarang, para peserta diberikan pengetahuan dan praktik membuat tali temali delapan jenis. Seperti tali pangkal, jangkar, delapan, dan lain-lain,” kata Elvan.

Elvan pun berharap materi yang diajarkan kepada para relawan benar-benar bisa diterapkan. “Semoga bermanfaat untuk peserta dan dapat berlanjut latihan bersama lagi untuk mengasah skill dan kesiapsiagaan relawan dalam menghadapi bencana,” tutupnya.[]