MRI Balangan dan HSU Tunjukkan Dedikasi Tinggi untuk Kemanusiaan

Sepekan terakhir Ramadan ini, MRI Balangan dan Hulu Sungai Utara (HSU) berbagi kebaikan untuk warga yang membutuhkan.

MRI Balangan dan HSU Tunjukkan Dedikasi Tinggi untuk Kemanusiaan' photo

ACTNews, BALANGAN – Kepedulian Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Balangan dan Hulu Sungai Utara (HSU) terus bergulir tanpa kenal waktu. Hal ini terbukti bahkan di bulan Ramadan ini. Sejak sepekan lalu (22/5) mereka berbagi kebahagiaan Ramadan kepada warga tidak mampu dan yang berada di daerah terpencil.

Bersama Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD - IPI) Kabupaten Balangan, MRI Balangan mengadakan buka puasa bersama di Yayasan Panti Asuhan Nurul Yaqin di Desa Inan, Rabu (22/5). Anak-anak tersebut nampak sukacita dengan kegiatan iftar bersama. Kehadiran puluhan relawan menjadi pelipur lara mereka.

H. Sahroni selaku pengasuh PA Nurul Yaqin menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kebaikan yang dibawa para relawan. “Alhamdulillah senang sekali dikunjungi,” ucapnya. Sebanyak 130 paket iftar dan pangan disalurkan ke PA Nurul Yaqin.

Di hari berikutnya (23/5), giliran relawan MRI di Hulu Sungai Utara (HSU) mengantarkan paket iftar untuk anak-anak yatim dan fakir miskin. Salah satu panti asuhan yang cukup jauh dari ibu kota Kabupaten dan kondisinya memprihatinkan menjadi sasaran aksi. Bersama seorang petugas Babinsa Koramil 1001/09 Amuntai Selatan, MRI HSU menyambangi Panti Asuhan As-Salam yang berada di Desa Telaga Hanyar.


Ketua MRI HSU Muhammad Noor Ramadhan mengaku senang karena anak-anak terlihat bahagia. “Sebanyak 100 paket iftar kami salurkan dan alhamdulillah hal ini menjadi kegembiraan anak-anak,” terang Ramadhan.

Kegembiraan serupa juga terlihat di Desa Simpang Nadong dan Desa Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Rabu (29/5), belasan relawan bersama seorang dokter membawa bantuan kemanusiaan di dua desa tersebut. Selain membagikan paket iftar, mereka juga melaksanakan sunatan gratis untuk tiga anak.  

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada para relawan MRI Balangan yang sudah berkenan datang ke desa kami dan peduli terhadap kami,” ucap Suwandi, salah satu warga di Desa Tebing Tinggi. Suwandi mengaku sangat senang karena akhirnya anaknya disunat. “Sudah lama anak Saya ingin disunat, tapi fasilitas kesehatan jauh,” ungkapnya menjelaskan.

Ketua MRI Balangan Nurul Yaqin menjelaskan, selain mendapatkan dukungan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan, semangat relawan di Balangan dan HSU sangat tinggi sehingga mereka aktif melakukan aksi-aksi sosial. “Masyarakat di Balangan masih banyak yang membutuhkan perhatian jadi sudah seharusnya para relawan menunjukkan pengabdiannya untuk bangsa ini, terlebih di bulan Ramadan ini,” pungkas Nurul. []

Bagikan