MRI Balikpapan Gelar Pelatihan Asesmen Penerima Manfaat

Peningkatan kemampuan terus dilakukan bagi relawan Masyarakat Relawan Indonesia Balikpapan. Ahad (8/9) kemarin, pelatihan asesmen dilakukan guna penunjang program Mobile Social Rescue.

MRI Balikpapan Gelar Pelatihan Asesmen Penerima Manfaat' photo

ACTNews, BALIKPAPAN Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Balikpapan, Kalimantan Timur menggelar pelatihan asesmen calon penerima manfaat program Mobile Social Rescue (MSR), Ahad (8/9). Bertempat di kantor ACT Kaltim di Jalan MT Haryono, Balikpapan, peserta tampak antusias.

Puluhan relawan yang merupakan mahasiswa itu menghadiri pelatihan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan relawan dalam melakukan asesmen atau survei calon penerima manfaat program MSR. Muhammad Iqbal dari Tim Program ACT Kaltim mengatakan, peningkatan kemampuan asesmen ini sangat diperlukan. Terlebih untuk mengambil keputusan untuk tindakan selanjutnya bagi penerima manfaat.

“MSR merupakan program sosial. Jika asesmen sudah tepat, maka akan berdampak pada jalannya program selanjutnya untuk membantu masyarakat. Dari survei atau asesmen ini, masalah sosial dan potensinya dapat ditanggulangi dengan baik,” ungkap Iqbal, Ahad (8/9).


Dalam kegiatan kali ini, relawan diajak untuk lebih memahami kondisi riil yang ada di masyarakat. Selain itu, perencanaan serta solusi mengatasi masalah sosial juga diberikan sebagai materi. “Jadi, penerima manfaat nantinya tidak hanya menggantungkan pada bantuan yang ada, melainkan dapat dikembangkan menjadi pendapatan jangka panjang,” tambah Iqbal.

Iqbal juga mengatakan, asesmen menjadi ujung tombak untuk menyeleksi penerima manfaat serta menentukan apa yang dibutuhkan penerima manfaat. Kritis serta selektif diperlukan untuk memetakan calon penerima manfaat. Selain itu, pengumpulan data-data calon penerima manfaat juga diajarkan dalam pelatihan kali ini.

Tak cukup dengan materi, peserta relawan juga diajak terjun asesmen langsung ke lapangan. Kemudian dilanjut  pelatihan bagaimana cara merangkai serta mengangkat kampanye penggalangan dana secara daring melalui Kitabisa. []

Bagikan