MRI Binjai Gandeng Komunitas Peduli Erupsi Semeru

Kepedulian untuk Semeru terus hadir dari berbagai kalangan dan tempat. Seperti dari MRI dan banyak komunitas di Binjai yang menggalang kepedulian selama sepekan.

mri binjai
Relawan MRI Binjai menggalang kepedulian untuk Semeru. (ACTNews)

ACTNews, BINJAI – Kepedulian untuk penyintas letusan Semeru terus mengalir. Bahkan, datang tak hanya dari wilayah sekitar gunung api tertinggi di Jawa ini saja. Tetapi, juga datang dari masyarakat di berbagai penjuru negeri.

Relawan Masyarakat Relawan Indonesia Binjai, Sumatra Utara misalnya. Mereka bergerak menggalang kepedulian bersama berbagai komunitas dan warga pelintas jalan. Penggalangan kebaikan ini telah berlangsung sejak Senin (6/12/2021) dan direncanakan terus berlangsung selama sepekan di dua titik, yakni Persimpangan Tugu Binjai dan Simpang Empat depan Kantor Wali Kota Binjai.

“Aksi ini pun terbuka untuk berbagai komunitas yang ingin bergabung ambil bagian dalam kebaikan,” ajak Adnan dari tim MRI Binjai, Kamis (9/12/2021).

Sejauh ini, berbagai komunitas pun telah terlibat dalam aksi penggalangan kepedulian ini. Sebut saja, Komunitas Motor Biscooid, komunitas pecinta alam, Komunitas Konco Dolan, Himma Islam Budi Daya dan lain sebagainya.

“Aksi ini juga digelar dengan harapan agar masyarakat Binjai bisa ikut terlibat dalam aksi kebaikan. Karena pada dasarnya kebaikan tak terbatas apapun, termasuk jarak,” tambah Adnan.

Sampai saat ini, letusan Semeru telah menelan puluhan orang meninggal dunia serta ribuan lainnya menjadi penyintas di beberapa titik pengungsian. Sementara itu, fasilitas seperti tempat tinggal, rumah ibadah hingga sekolah banyak mengalami kerusakan.

ACT pun, selain bantuan pangan, tengah menyiapkan pembangunan hunian nyaman terpadu (ICS) untuk penyintas agar tinggal untuk sementara waktu di tempat yang jauh lebih nyaman.[]