MRI Jateng Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Serang

MRI Jateng Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Serang

ACTNews, GROBOGAN - Pencarian seorang pemuda yang tenggelam dan hanyut di Sungai Serang, Desa Sobo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan pun berakhir. Di bawah jembatan Desa Truwili, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jateng dan Tim SAR Gabungan Jateng akhirnya menemukan korban dalam keadaan tak bernyawa, Kamis pagi (16/11).

Dalam radius sekitar 7 km jauhnya dari lokasi kejadian, korban bernama Ribut Wahyu ditemukan. Di bawah tumpukan sampah sungai, jasad Ribut nampak membiru. Upaya evakuasi pun segera dilakukan, dan korban langsung dibawa Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan menuju rumah duka Purwodadi Jateng.

Kejadian tenggelamnya pemuda berusia 24 tahun tersebut berawal ketika arus deras tiba-tiba saja datang menerjang 3 pemuda yang sedang berenang di Sungai Serang pada hari Senin (13/11). Sontak saja ketiga pemuda tersebut segera berenang menepi untuk menyelamatkan diri, namun nahas, Ribut tenggelam terseret arus dikarenakan tidak bisa berenang.

“Kedua orang temannya segera mencari Ribut. MRI Jateng dan Tim SAR Gabungan Jateng juga langsung terjun menyusuri sungai dan mencari korban,” jelas Ikhsan Jaya selaku Ketua Divisi Rescue MRI Jateng yang kala itu ikut evakuasi korban.

Harapan bahwa Ribut masih dapat diselamatkan sirna ketika Taufiq, salah seorang yang selamat melihat jasad Ribut mengapung terseret bersama sampah-sampah di sungai. Penyusuran sungai yang dilakukan selama 4 hari 3 malam sejak Senin (13/11), akhirnya usai setelah jasad korban berhasil dievakuasi pada Kamis pagi (16/11).

Menurut Taufiq, dirinya beserta kawan sejawatnya biasa berenang di sana karena memang kondisi air sungai yang tenang. Warga juga sering mencari ikan di sungai tersebut.

“Tidak menyangka akan seperti ini jadinya,” lirih Taufiq, salah satu dari dua pemuda lainnya yang selamat.

Sementara itu, aksi evakuasi warga di Sungai Serang merupakan satu dari sekian kegiatan penyelamatan yang kerap dilakukan MRI Jateng. Menurut Ikhsan, timnya secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah Jawa Tengah.

“Dalam melakukan aksi tanggap darurat, MRI Jateng bersama ACT juga kerap berkoordinasi dengan Tim SAR Gabungan Jawa Tengah. Hal ini tentu agar kami bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat,” ungkap Ikhsan. []

Tag

Belum ada tag sama sekali