MRI Kaltim Evakuasi Korban Kebakaran Kutai Kartanegara

MRI Kaltim Evakuasi Korban Kebakaran Kutai Kartanegara

MRI Kaltim Evakuasi Korban Kebakaran Kutai Kartanegara' photo

ACTNews, KUTAI KARTANEGARA – Kebakaran besar terjadi di Jalan Yos Sudarso, Desa Loa Kulu di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara pada Kamis (21/2) dini hari. Tercatat 18 bangunan dilahap si jago merah. Walau tidak menimbulkan korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Merespons bencana itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan Timur terjun ke lokasi terdampak guna meninjau dan mengevakuasi korban kebakaran. Kamis (21/2), tim di lokasi melaporkan, tercatat 56 jiwa terpaksa harus mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal.

Selain melakukan pertolongan, MRI Kaltim juga mengirimkan bantuan kepada korban terdampak. Sriyati, salah satu anggota MRI Katim, mengatakan hingga Sabtu (23/2) korban terdampak masih membutuhkan bantuan berupa logistik makanan. “Puluhan paket sembako telah dikirimkan,” ungkap Sriyati.

Selain paket pangan, MRI Kaltim juga mengirimkan bantuan berupa pakaian. Bantuan ini diberikan mengingat korban tak sempat menyelamatkan harta benda ketika api melahap rumah-rumah mereka. Bantuan diserahkan oleh Budi Cahyanto perwakilan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) kepada Ketua RT XIX Desa Loa Kulu Lajudi.

Di Kaltim, kebakaran menjadi bencana yang paling sering terjadi. Kebakaran hutan merupakan musibah kebakaran yang paling luas. Sedangkan kebakaran yang menimpa pemukiman padat juga tak kalah seringnya. “Kebakaran jadi musibah paling sering di sini, maka dari itu, pelatihan pemadaman api dan penyelamatan korban menjadi bekal utama relawan MRI dalam setiap pendidikan,” jelas Budi. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan