MRI Surabaya Kuatkan Nilai Kerelawanan pada Anggota Baru

Orientasi Relawan MRI adalah agenda rutin untuk memberikan pembekalan kepada relawan baru yang bergabung di MRI.

MRI Surabaya Kuatkan Nilai Kerelawanan pada Anggota Baru' photo

ACTNews, SURABAYA - Kerelawanan menjadi pilihan generasi milenial untuk mengaktualisasikan diri. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Surabaya menangkap fenomena ini sebagai peluang untuk mengembangkan organisasi dengan menyelenggarakan Orientasi Relawan MRI pada Ahad (1/9).

Orientasi tersebut digelar di Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur dan dihadiri 20 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan profesional. Materi yang disampaikan tentang pengenalan aksi kemanusiaan ACT dan MRI. 

Iwan selaku Koordinator MRI Surabaya menyatakan, Orientasi Relawan MRI adalah agenda rutin untuk memberikan pembekalan kepada relawan baru yang bergabung di MRI. "Dari orientasi ini diharapkan peserta mengerti makna menjadi relawan," ungkap Iwan.

Kebanyakan relawan yang mengikuti pelatihan merasa tertarik dengan berbagai program ACT dan ingin terlibat langsung saat memberikan bantuan untuk korban bencana. Mereka juga tertarik bergabung di berbagai kegiatan kemanusiaan yang mengajak masyarakat untuk menggalang kebaikan. 

Nurin, salah satu peserta Orientasi Relawan MRI menyatakan manfaat mengikuti orientasi relawan ini adalah dapat mengenal lebih dekat dunia kerelawanan dan kemanusiaan. "Motivasi utama saya mengikuti orientasi relawan ini adalah ingin menjadi sebaik-baiknya manusia yakni manusia yang bermanfaat bagi yang lain," ungkap Nurin.

Orientasi Relawan MRI merupakan kegiatan rutin di mana para relawan diajak mengenal lebih jauh tentang ACT dan MRI. Dengan demikian, mereka bisa berkontribusi pada setiap program ACT dan MRI sesuai dengan bidang peminatannya. 

“Kegiatan ini akan diikuti oleh kelas kerelawanan, di mana para relawan mendapatkan pelatihan seperti fotografi, medical first aid, dan pelaksanaan program-program ACT,” pungkas Iwan. []

Bagikan