MTs Pondok Quran yang Roboh Masuk Pembangunan Pondasi

Setelah mengalami roboh satu tahun lalu, MTs Pondok Quran di Cilengkrang, Bandung masuk tahap finalisasi struktur dan pembangunan pondasi. Setelah selesai nanti, murid bisa belajar kembali di sekolah mereka tanpa perlu menumpang-numpang.

Proses pembangunan MTs Pondok Quran di Bandung. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG – Setahun silam, tepatnya 10 Januari 2020, bangunan yang disebut sebagai sekolah oleh murid di Madrasah Tsanawiyah Pondok Quran di Kampung Babakan Cimahi, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, roboh. Bangunan yang tersebut dari kayu dan lebih mirip dengan gazebo besar tersebut menjadi tempat belajar bagi puluhan murid yang datang dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Pasca roboh, tak ada biaya untuk membangun kembali, murid-murid terpaksa belajar di teras masjid yang ada di lingkungan sekitar.

“Sampai sekarang santri masih berkegiatan di masjid warga, kadang harus bergantuan dan menunggu agenda di masjid selesai untuk memulai belajar. Tapi bagaimanapun, santri tetap bersemangat belajar,” jelas Kepala Sekolah MTs Pondok Quran Ahmad Fauzi, Selasa (22/6/2021).

Sebelum roboh, bangunan MTS Pondok Quran hanya terdiri dari dua bangunan yang tersebut dari bambu. Tak banyak fasilitas yang bisa ditemui di sekolah ini, bahkan fasilitas MCK pun tak ada. Walau begitu, semangat murid tetap tinggi, bahkan melahirkan murid-murid berprestasi.

Bantuan pembangunan

Sejak Februari 2020 lalu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bandung memulai penggalangan kepedulian untuk MTs Pondok Quran melalui laman Indonesia Dermawan. Sampai sebulan ke depan, penggalangan ini masih dibuka untuk mendukung proses pembangunan. Sebagian dana yang terkumpul telah diimplementasikan untuk pembangunan.

Seperti di pekan terakhir Juni ini, tahap pembangunan sudah masuk finalisasi struktur dan pondasi. Harapannya, pembangunan ini segera selesai dan murid bisa kembali belajar di sekolah mereka sendiri tanpa perlu lagi menumpang.

“Dukungan dermawan masih terbuka untuk menghadirkan fasilitas pendidikan terbaik bagi para murid penghafal Al-Qur’an ini. Kedermawanan bisa disalurkan melalui laman Indonesia Dermawan,” ajak Kepala Cabang ACT Bandung Trisna Adi Permana, Jumat (25/6/2021).[]