Muka Air Masih Tinggi, Tim Tanggap Darurat ACT Patroli Wilayah Potensi Banjir Jakarta

Hujan deras sejak Kamis (18/2/2021) siang membuat sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir. Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap pun menyiagakan tim patroli seiring pantauan muka air di sejumlah pintu air yang masih tinggi.

Mobil patroli tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap membawa perahu karet
Mobil patroli Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap membawa perahu karet beserta dan sejumlah anggota diberangkatkan menuju wilayah Jakarta Timur. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA Aksi Cepat Tanggap menggerakkan Tim Tanggap Darurat menuju sejumlah wilayah banjir di Jakarta. Berdasarkan pantauan sejumlah relawan, Jumat (18/2/2021) pagi, banjir terpantau di wilayah Pinang Ranti-Kampung Pulo dan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Komandan Tim Tanggap Darurat Kusmayadi melaporkan, saat ini regu relawan tanggap darurat MRI sudah diberangkatkan patroli dan merespon banjir wilayah Jakarta timur. “Tim patroli berangkat lengkap dengan APD, pelampung, dan perahu karet. Di samping itu, kami juga meminta cabang terdekat untuk membantu tim tanggap darurat,” jelas Kusmayadi. Kusmayadi juga mengatakan, sudah ada sejumlah tim yang ditugaskan memantau wilayah Pinang Ranti.

Berdasarkan data BPBD Provinsi DKI Jakarta pukul 10.00 WIB, masih ada satu pintu air yang berstatus siaga 3, yakni Pintu Air Sunter Hulu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga melaporkan hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Jakarta.

Banjir juga terjadi di Karawang dan Cirebon

Banjir juga terjadi di perumahan Bumi Mutiara Indah Cikampek. Tim Tanggap Darurat juga disiagakan untuk mengevakuasi dan melakukan asesmen di wilayah tersebut. Ketinggian air di wilayah tersebut mencapai 40-100 cm. Awal Februari lalu, wilayah ini juga terendam banjir dan hingga 1.000 jiwa mengungsi.

Sementara itu, di Kecamatan Waled dan Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon 5.778 jiwa terdampak banjir. Hujan deras sejak Kamis menyebabkan air Sungai Ciberes meluap dan merendam permukiman warga.[]