Mulai Hari Pertama Ramadan, Sajian Iftar Dermawan Indonesia Sapa Pengungsi Rohingya di Cox's Bazar

Setiap tahun Aksi Cepat Tanggap mengantarkan amanah dermawan berupa sajian iftar untuk pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh. Tahun ini, bantuan pangan yang hadir sejak hari pertama Ramadan diharapkan bisa melipur lara para pengungsi yang baru-baru ini mengalami musibah kebakaran.

Warga Rohingya di Cox's Bazar menikmati sajian iftar dari Sahabat Dermawan di hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021). (ACTNews)

ACTNews, COX’S BAZAR – Dua minggu sebelum Ramadan tiba, pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar tertimpa musibah. Kebakaran hebat melahap ribuan tempat tinggal mereka. Bahkan, kejadian ini  merenggut 15 jiwa dan meninggalkan duka yang dalam di hati para pengungsi.

Aksi Cepat Tanggap dan Dermawan Indonesia pun terus memberikan dukungan terbaik, termasuk di awal Ramadan. Seratus iftar dihadirkan untuk para pengungsi di empat lokasi pengungsian, yaitu kamp 1 dan 5 Kutupalong, kamp 17 Thai Khali, dan kamp 9 Balukhali, Rabu (13/4/2021).

Firdaus Guritno dari Global Humanity Response-ACT menjelaskan, distribusi iftar secara bergiliran akan menyapa pengungsi Rohingya di kamp pengungsian di Cox’s Bazar. Hingga akhir Ramadan, ACT berikhtiar menyajikan iftar kepada 12.000 penerima manfaat di Kamp Cox’ Bazar.

“Semoga kehadiran dukungan Sahabat Dermawan Indonesia bisa meredam lara mereka di awal Ramadan ini. Kehilangan tempat tinggal dan anggota keluarga yang turut menjadi korban kebakaran di saat menjelang bulan Ramadan menjadi pukulan bagi para pengungsi,” ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan saat ini ACT sedang menggalakkan kampanye membangun hunian baru untuk warga Rohingya di Bangladesh. Projek ini membutuhkan banyak bantuan dermawan Indonesia. Untuk itu, ACT mengajak Sahabat Dermawan untuk terus menyampaikan kepedulian untuk saudara Rohingya.[]