Mushaf Al-Qur’an jadi Hadiah Ramadan Anak-anak di Afrika

Ribuan mushaf Al-Qur’an menjadi salah satu kado terindah yang diterima anak-anak di Mali, Kenya, dan Uganda, pada Ramadan ini.

Anak-anak di madrasah di Maahad Al'ouloumoul Islamiyah Mali yang mendapatkan Al-Qur’an dari ACT. (ACTNews)
Anak-anak di madrasah di Maahad Al'ouloumoul Islamiyah Mali yang mendapatkan Al-Qur’an dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, PALISA – Bantuan Al-Qur’an menjadi kado awal Ramadan bagi anak-anak di Distrik Palisa dan Distrik Sironko, Uganda. Total 1.000 mushaf dibagikan untuk para siswa sekolah dasar di kedua distrik pada 14-16 April lalu.

Distrik Palisa adalah salah satu daerah termiskin Uganda dan memiliki tingkat layanan pendidikan yang rendah terutama dalam studi Islam. Kehadiran bantuan Al-Qur’an diharapkan memudahkan anak-anak belajar dan menghafal Al-Qur'an.

Selain di Uganda, hadiah Al-Qur’an juga hadir di daerah Kwale dan Kilfli, Kenya. Sebanyak 730 Al-Qur’an dan 270 Al-Qur’an di Kifli. Bantuan Al-Qur;an juga menyapa anak-anak di Mali, sejumlah 500 mushaf didistribusikan ke Maahad Al'ouloumoul Islamiyah dan 500 lainnya ke Madaris Alhilal Al'islamiyah.

Amir Firdausi dari Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap menjelaskan, pendidikan di Mali memiliki cerita yang lebih memprihatinkan. Banyak madrasah di Mali yang tidak memiliki Al-Qur’an cetak. Anak-anak diajarkan Al-Qur’am tanpa menyentuh atau pun melihat Al-Qur’an.

“Kehadiran mushaf Al-Qur’an diharapkan membantu madrasah di Mali untuk mendidik anak-anak yang mengikuti program tahfiz,” tambah Amir. Distribusi bantuan mushaf  Al-Qur’an untuk muslim ini bekerjasama dengan Global Ehsan Relief.[]