Muslim Minoritas Kamboja Rasakan Kebaikan Kurban Dermawan Indonesia

Berkah kurban tak hanya dirasakan muslim di Indonesia. Di Kamboja, muslim minoritas turut merasakan kedermawanan para pekurban dari Indonesia yang menyalurkan hewan kurbannya melalui Global Qurban - ACT pada 2019 lalu.

Muslim Minoritas Kamboja Rasakan Kebaikan Kurban Dermawan Indonesia' photo
Pendistribusian daging kurban untuk muslim minoritas di Kamboja pada tahun 2019 lalu. (ACTNews)

ACTNews, PHNOM PENH Kala Iduladha menyapa seluruh muslim di dunia tiap tahunnya, nikmat kurban dirasakan hampir seluruh muslim di dunia. Dermawan Indonesia bersama Global Qurban - ACT pun ikut berbagi nikmat ini seluas mungkin. Tak hanya untuk saudara muslim sebangsa, namun juga untuk muslim di berbagai belahan dunia.

Warga muslim Kamboja menjadi salah satu komunitas yang merasakan hangatnya silaturahmi muslim Indonesia melalui kurban. Pada Iduladha 2019 lalu, puluhan hewan kurban setara sapi disembelih dan diberikan ke masyarakat prasejahtera di tiga kota di Kamboja.

“Kami mendistribusikan daging kurban ini khususnya ke warga dengan ekonomi yang masih lemah. Islam pun di Kamboja merupakan minoritas,” jelas Jamal Abdul Nasir Ahmad, relawan Global Qurban - ACT di Kamboja saat Iduladha tahun 2019 lalu.

Salah satu wilayah yang menerima daging kurban tersebut adalah Kampung Cham, yang dihuni komunitas muslim minoritas di Kamboja. Menurut penuturan Jamal, kebanyakan mereka bekerja sebagai petani serta nelayan. Sedangkan sebagian kecil warga Kampung Cham memilih berniaga di Phnom Penh, Ibu Kota Kamboja. Muslim di Kampung Cham pun tak sedikit yang kondisi ekonominya masih prasejahtera.

Presiden Global Qurban - ACT Hafit Timor Mas’ud mengatakan, tiap tahunnya Global Qurban selalu mengirimkan hewan kurban terbaiknya ke berbagai negara. Jangkauan distribusinya mencakup negara-negara berkembang, negara terdampak bencana, negara dengan krisis sumber daya, hingga negara yang sedang dirundung konflik kemanusiaan seperti Suriah dan Palestina. “Kepedulian Global Qurban - ACT mengalir tak hanya bagi masyarakat tepian negeri Indonesia saja, tapi juga ke masyarakat yang sedang dirundung duka serta kesulitan,” jelas Hafit, Selasa (16/6).

Di tahun ini pun, tambah Hafit, Global Qurban juga akan menjangkau berbagai negara. Global Qurban akan menyalurkan hewan kurban terbaik masyarakat Indonesia ke berbagai penjuru negeri dan luar negeri. Langkah ini dijalankan demi menebar kebaikan lewat daging kurban yang mungkin saja tak setiap saat bisa dinikmati oleh mereka yang sedang merasakan kesulitan, bencana, musibah, serta kemiskinan.[]


Bagikan

Terpopuler