Muslim Volunteer Malaysia Gandeng ACT Bangun Masjid dan MCK untuk Penyintas Longsor di Bogor

Kepedulian untuk penyintas bencana kembali dihadirkan Muslim Volunteer Malaysia. Menggandeng Aksi Cepat Tanggap, sebuah masjid dan MCK dihadirkan untuk 800 penyintas di Kampung Ranca Nangka, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Bangunan MCK yang merupakan kerjasama Muslim Volunteer Malaysia dan ACT. (ACTNews)
Bangunan MCK yang merupakan kerjasama Muslim Volunteer Malaysia dan ACT. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Muslim Volunteer Malaysia menggandeng Aksi Cepat Tanggap dalam menghadirkan masjid dan fasilitas mandi cuci kakus untuk penyintas longsor di Kampung Ranca Nangka, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Kerjasama kerja sama ini membantu kebutuhan 800 warga di desa tersebut.

Pengurus Kanan Komunikasi dan Multimedia Muslim Volunteer Malaysia (MVM) Ros Atiqah Fatin Abdullah menerangkan, pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian kepada korban bencana di Indonesia. Dalam projek kerja sama ini, MVM berikhtiar membantu pemenuhan kebutuhan sanitasi dan tempat ibadah penyintas bencana di Kampung Ranca Nangka.

“Salah satu misi MVM adalah untuk menjalinkan hubungan baik dengan NGO di luar negeri supaya dapat saling bertukar pengalaman. Mitra juga diharapkan dapat menjadi wakil MVM untuk mengantar bantuan kepada penerima manfaat yang memerlukan di negara tersebut,” ujar Ros, Mei ini. Ia pun berharap, ke depan, lebih banyak kerja sama yang dapat memberi manfaat kepada ACT, MVM, dan masyarakat, baik di Indonesia maupun di Malaysia.

Bobby Sandra dari Tim Program ACT mengungkapkan, kerjasama ACT bersama MVM bukan kali ini saja. Sejumlah kerja sama telah dilakukan untuk membantu kesejahteraan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satu kerja sama yang pernah dilakukan adalah pembangunan masjid pascabencana gempa bumi di Lombok.

“ACT selalu menyambut niat baik MVM untuk memberikan bantuan kepada korban bencana di Indonesia. Bantuan ini menunjukkan bahwa, saudara muslim di Malaysia. Untuk itu, ACT selalu siap untuk memfasilitasi niat baik MVM,” ujar Bobby. Ia berharap, kerjasama ini terus berlanjut agar lebih banyak manfaat yang bisa diberikan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.[]