Mustika Banting Setir Usaha, Demi Tetap Nafkahi Keluarga

Setelah dagangan sosis yang ia jalani dirasa mulai lengang karena pandemi, Mustika Sari (31) akhirnya berjualan ikan dan sayur agar tetap memenuhi pemasukan keluarga.

bantuan modal bangka
Dengan bantuan Wakaf UMKM, diharapkan dapat membantu Mustika mengembangkan usaha barunya. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BANGKA – Sebelumnya Mustika Sari (31) menjadikan dagangan sosis sebagai tamabahan untuk penghidupan, sementara sang suami berjualan sayur. Kebanyakan pelanggan Mustika adalah anak-anak yang belajar di taman pendidikan Al-Qur’an di dekat tempat ia berjualan Desa Balun Ijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Tetapi satu tahun belakangan ia berhenti berjualan sosis sebab sepi pembeli. “Karena adanya wabah pandemi ini juga, anak-anak pengajian dan anak-anak sekolah belajar dari rumah. Jadi pembeli juga berkurang,” kata Mustika pada Selasa (9/11/2021) lalu.

Tetapi Mustika memutar otak bagaimana caranya untuk tetap mendapatkan penghasilan. Ia juga masih memiliki dua orang untuk dinafkahi. Mustika akhirnya memilih untuk mengikuti jejak suami yang berjualan sayur serta ikan selama satu tahun belakangan. “Setiap pagi saya jualan di pasar, nanti setelah selesai dilanjut jualan keliling kampung,” jelasnya.


Usaha tersebut baru setahun berjalan, tetapi perjuangan Mustika cepat berbuah. Ia mengaku dari hasil berjualan ini dapat mencukupi kebutuhan. “Alhamdulillah dengan adanya jualan ini, sekiranya bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Terutama ada anak saya yang masih kecil, hingga hasil dari usaha ini bisa membeli susu buat dia,” ujar Mustika.

Untuk membantu perjuangan Mustika saat ini Global Wakaf-ACT menyalurkan amanah dermawan berupa bantuan modal usaha melalui program Wakaf UMKM. Diharapkan lewat program ini, bisa menambah dan membantu Mustika dalam mengembangkan usaha. []