Nilai Rial Kian Merosot, Separuh Penduduk Yaman Kelaparan Akut

Rial Yaman terus mengalami depresiasi pada 2021. Hal ini menjadi pendorong utama kerawanan pangan di Yaman. Sebab, negara tersebut masih sangat bergantung pada sektor impor untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. PBB menyebut separuh populasi Yaman alami kelaparan akut.

kerawanan pangan yaman
Ilustrasi. Nilai tukar mata uang Yaman yang anjlok, membuat harga pangan melonjak. (ACTNews)

ACTNews, YAMAN – Nilai tukar Rial Yaman (YER) terus merosot pada 2021. Pada Mei 2021, nilai Rial Yaman yang mencapai 900 YER per USD, anjlok ke 1000 YER per USD pada akhir Juli lalu. Depresiasi ini menjadi yang terendah bagi negara dengan jumlah penduduk lebih dari 29 juta jiwa tersebut.

Depresiasi ini pun menjadi pendorong utama kerawanan pangan di Yaman. Sebab, negara tersebut masih sangat bergantung pada sektor impor untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. Nilai Rial yang sangat rendah, membuat harga pangan menjadi sangat tinggi dan sulit untuk diakses warga Yaman.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB menyatakan, hampir setengah penduduk Yaman mengalami kelaparan akut akibat harga pangan yang terlalu tinggi. Bahkan, untuk satu keranjang makanan dan minuman bisa mencapai harga 9.133 Rial Yaman per orang, atau sekitar Rp525 ribu.

Pandemi Covid-19 yang merebak di Yaman pun semakin memperparah keadaan. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, kasus Covid-19 terus meningkat tiap harinya. Per Senin (9/8/2021), sejumlah 7.139 kasus positif terjadi di Yaman, dengan diikuti 1.386 kasus kematian.

Ironisnya, saat kasus Covid-19 terus meningkat dan dikhawatirkan terjadi penyebaran gelombang ketiga, justru program vaksinasi di sana terbilang sangat lambat. Sejauh ini, tidak lebih dari 310 ribu vaksin telah diberikan. Artinya, hanya 1 persen dari populasi Yaman yang telah mendapatkan dosis pertama vaksin mereka.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT pun mengajak Sahabat Dermawan untuk bisa memberikan bantuan terbaiknya untuk warga Yaman. Nantinya, bantuan yang masuk akan disalurkan melalui berbagai program kemanusiaan.

"ACT menjalankan berbagai program kemanusiaan di Yaman anatara lain paket pangan, distribusi air bersih, hingga bantuan medis. Insyaallah dengan bantuan terbaik Sahabat Dermawan, program-program kemanusiaan di Yaman bisa terus berjalan," pungkas Firdaus.[]