OK OCE Bersama Pasar Sedekah Berikhtiar Tingkatkan Kejayaan UMKM

Dalam kerja sama bersama OK OCE, penggunaan pasarsedekah.com ditujukan untuk membentuk ekosistem pembiayaan Wakaf Modal Usaha Mikro dari jaringan UMKM OK OCE dengan lama program selama satu tahun.

a

ACTNews, JAKARTA – Pandemi Covid-19 menghantam berbagai sektor, salah satunya adalah bisnis e-commerce. Namun, meski terhantam pandemi, bisnis e-commerce dan marketplace masih dipercaya menjadi bisnis yang akan tumbuh pesat di 2021. Namun, sangat sedikit marketplace yang mengusung konsep sedekah yang bisa dilakukan sambil berbelanja. Hal inilah yang diusung oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui pasarsedekah.com. Melalui platform ini, pembeli akan dimanjakan dengan kemudahan bersedekah di setiap transaksinya dan penjual bisa memperluas jangkauan usahanya. 

Hadirnya marketplace baru yang dipelopori Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini pun disambut baik oleh banyak pihak salah satunya dari Perkumpulan One Kecamatan One Centre For Entrepreneurship (OK OCE).  

Iim Rusyamsi selaku Ketua Umum OK OCE mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan melalui kewirausahaan. “Program bersama OK OCE & ACT ini bertujuan dalam meningkatkan kualitas wirausaha di Indonesia. Kerja sama ini juga berbentuk sinergi dalam semua tahapan 7 TOP. Mulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran di Pasar Sedekah, pelaporan keuangan, hingga akses permodalan yang akan diimplementasikan pada program Wakaf Modal Usaha Mikro bagi mitra dan pelaku usaha,” ungkapnya.

Lewat pasarsedekah.com, kegiatan berjualan pun dapat diselingi dengan bersedekah. Penjual dan pembeli tidak hanya saling memberi manfaat di antara keduanya, namun juga untuk orang lain yang membutuhkan di luar sana. Sedekah menjadi kekuatan utama dari hadirnya marketplace besutan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini. “Jadi menggabungkan Pasar Sedekah ini adalah suatu ikhtiar hebat, suatu usaha dahsyat, bagaimana caranya marketplace dari umat untuk umat ini jadi wajah baru atau jadi pembeda dari marketplace lainnya di Indonesia,” kata Puti Halimah selaku CEO pasarsedekah.com.

Dalam proses jual-beli daring, sedekah jadi salah satu pembeda pasarsedekah.com dengan marketplace lainnya. Melalui pasarsedekah.com, pembeli dan penjual dapat secara otomatis berbagi ketika mereka melakukan transaksi jual-beli. Dalam kerja sama bersama OK OCE, penggunaan pasarsedekah.com ditujukan untuk membentuk ekosistem pembiayaan Wakaf Modal Usaha Mikro dari jaringan UMKM OK OCE dengan lama program selama satu tahun.

Harapan dengan adanya kerja sama ini, pasarsedekah.com bisa menjadi salah satu platform marketplace bagi seluruh pelaku UMKM OK OCE dan bisa menghasilkan sedekah dalam bentuk wakaf tunai yang nantinya bisa digunakan untuk solusi permodalan bagi UMKM di jaringan OK OCE.

Iim menambahkan, tujuan besarnya kerja sama ini nantinya dapat mendukung terciptanya ekosistem ekonomi wakaf dan memberi manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.

Secara teknis, program kerja sama di pasarsedekah.com ini akan terintegrasi dengan berbagai program dari ACT yang ada di laman Indonesia Dermawan. Semua fitur ini adalah sebagai ikhtiar ACT untuk menjadikan  sedekah sebagai aktivitas harian.

“Ini adalah salah satu keoptimisan ACT, dan kedepannya bakal jadi satu ikhtiar keoptimisan umat untuk membangun kembali kejayaan ekonomi di seluruh Indonesia. Harapannya akan ada 5.000 penjual bergabung, dan juga akan ada 10.000 transaksi yang terjadi di Pasar Sedekah. Dan pastinya ini ngga bakal kejadian tanpa kolaborasi dari semua lini, seluruh masyarakat Indonesia dari semua lini apalagi umat muslim,” tutup Puti. []