Olahan Kurban Istimewa dari Koki Terbaik

Di Palembang, semarak Iduladha tidak hanya saat pendistribusian daging kurban, tetapi juga saat acara Syukuran Qurban. Melibatkan koki profesional, acara yang diselenggarakan Global Qurban - ACT ini menyajikan hidangan kurban yang lezat dan bergizi bagi warga prasejahtera.

Olahan Kurban Istimewa dari Koki Terbaik' photo
Koki di Palembang yang ikut mengolah daging kurban saat Syukuran Qurban pada Iduladha tahun 2019 lalu. (ACTNews)

ACTNews, PALEMBANG – Pada hakikatnya, kurban tak hanya sebagai medium seorang hamba untuk menunjukkan ketakwaan kepada Allah. Dari segi sosial, hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat juga menjadi alat dakwah ke sesama manusia. Tiap hari raya tiba, silaturahmi juga terbangun saat prosesi penyembelihan hingga menikmati olahan daging secara bersama-sama.

Membangun hubungan yang baik ke sesama manusia saat Iduladha ini lah yang Global Qurban - ACT ingin wujudkan saat Iduladha tiba. Pada tahun 2019 lalu, melalui Syukuran Qurban yang digelar di berbagai daerah, suasana kekeluargaan warga sekitar lokasi penyembelihan tercipta. Tak terkecuali di Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kertapati, Palembang. Ratusan warga yang menjadi korban kebakaran itu ikut meriung, menyemarakan penyembelihan hewan kurban dari Global Qurban - ACT. Tak ketinggalan, aksi dari komunitas koki di Palembang yang ambil bagian untuk mengolah daging dengan hidangan terbaik.

Ical, salah satu koki yang hadir dan ikut terlibat dalam proses memasak daging di acara Syukuran Qurban mengaku berbahagia bisa berpartisipasi dalam program kebaikan. Hal tersebut menjadi pengalaman pertama baginya sebagai koki profesional memasak daging kurban di lokasi bekas bencana kebakaran. “Terima kasih kepada Global Qurban yang telah mengajak kami berkontribusi dalam gerakan kebaikan ini,” ungkapnya pada Agustus 2019 lalu.

Pada acara Syukuran Qurban tersebut, sebanyak 100 kilogram daging diolah oleh koki profesional. Menu rendang dan pindang menjadi hidangan di hari itu. Makan bersama menutup rangkaian acara yang juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda.

Di Iduladha tahun 2020 ini, Global Qurban juga melibatkan koki profesional yang akan menghidangkan sajian istimewa di hari raya. Kamis (30/7), tim koki yang akan menghidangkan sajian terbaik dari Humanity Food Truck, Global Qurban - ACT berangkatkan menuju Masamba. Di daerah terdampak bencana banjir bandang itu akan tersaji hidangan istimewa bagi para penyintas. Selain itu, tim koki dari Humanity Central Kitchen di Kawasan Gadog, Bogor pun akan terlibat dalam penyediaan daging kurban yang  akan didistribusikan bagi masyarakat prasejahtera di wilayah Jabodetabek.

Ryan Andriana, Koordinator Humanity Food Truck, mengatakan, keberangkatan truk berdapur lengkap dengan tim beserta kokinya merupakan wujud nyata Global Qurban - ACT membersamai korban bencana alam, bahkan saat hari raya sekalipun. “Koki terbaik yang Global Qurban - ACT kirim akan menghidangkan sajian terbaik dari kedemawanan masyarakat yang telah disalurkan ke kami. Kebahagiaan yang nanti hadir dari penerima manfaat tak lepas dari peran serta masyarakat,” jelasnya, Kamis (30/7).[]

Bagikan