Omicron Mewabah, Humanity Medical Services ACT Tingkatkan Kesiapsiagaan

Menghadapi gelombang Covid-19 varian omicron, Humanity Medical Services ACT meningkatkan kesiapsiagaan dengan memperpanjang waktu layanan telekomunikasi medis dan menyediakan ambulans untuk pasien yang dirujuk ke Wisma Atlet.

humanity medical services
Petugas layanan telekomunikasi medis HMS ACT saat melayani pasien via sambungan telepon. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus meningkat. Hingga Sabtu (8/1/2022), total 414 orang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Masyarakat harus waspada dan siaga agar tidak tertular varian ini. 

Berbeda dengan Covid-19 biasa, penyebaran varian Omicron lebih cepat. Melihat fakta ini, tim Humanity Medical Services (HMS) ACT juga meningkatkan kesiapsiagaan dalam melayani masyarakat. 

Direktur HMS ACT dr. Arini Retno Palupi mengatakan, tim HMS ACT membuka layanan telekomunikasi medis bagi masyarakat. Layanan ini bisa diakses melalui nomor WhatsAap 0812-9536-2056.

“Covid-19 Medical Careline Services terus beroperasi melayani masyarakat yang membutuhkan layanan medis di masa Covid-19. Layanan ini beroperasi Senin-Jumat pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB,” kata dr. Arini, Selasa (11/1/2022). 

Dalam layanan telekomunikasi tersebut, tambah dr. Arini, masyarakat bisa melakukan konsultasi medis dan layanan pengiriman obat. Jika kondisi pasien harus dilakukan penanganan medis lanjutan, maka akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter ke rumah pasien. “Nanti setelah kunjungan, dokter menentukan apakah dirujuk ke rumah sakit atau rawat jalan di rumah,” jelasnya. 

Selain telekomunikasi medis, HMS ACT juga menyediakan ambulans untuk membantu mengantar pasien ke rumah sakit atau pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran. Kehadiran layanan ambulans ini diharapkan dapat memudahkan akses masyarakat ke rumah sakit. “Layanan ini gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Mudah-mudahan, varian Omicron bisa ditangani bersama-sama,” pungkasnya.[]