Operasi Makan Gratis Hadir untuk Ratusan Santri di Kota Semarang

Menyikapi dampak pandemi yang belum kunjung membaik, Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah menggulirkan kembali program operasi makan gratis. Kali ini, ratusan santri di Kota Semarang menjadi penerima manfaat.

Masyarakat Relawan Indonesia Semarang menyerahkan makanan siap santap kepada santri di Pesantren As Salafy Nurul Mubarok, Kecamatan Nurul Mubarok. (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG – Bermitra dengan Grab Food, ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia Kota Semarang membagikan 183 paket makanan siap saji ke para santri sejumlah pesantren di Kota Semarang, Senin (28/12). 

Pesantren tersebut yaitu As Salafy Nurul Mubarok di Dusun Terwidi, Desa Plalangan, Kecamatan Gunungpati; Pesantren Darul Karim di Dusun Panji, Desa Ngadirgo, Kecamatan Mijen; dan Pesantren Darul Quro di Desa Sumurrejo, Kecamatan Gunung Pati.

Salah satu pengasuh Pesantren Nurul Mubarok, Ustaz Tafrihan, mewakili pengurus dan para santri mengapresiasi program kepedulian yang dilakukan ACT dan MRI Kota Semarang untuk kalangan pesantren. Menurut Tafrihan, dukungan pangan ini turut menyemangati para santri yang sedang menuntut ilmu. “Terima kasih kepada ACT dan Grab Food atas kepedulian kepada santri kami. Semoga bantuan ini menjadi keberkahan untuk kita semua,” harap Tafrihan.

Koordinator Tim Program ACT Kota Semarang Hamas Rausyanfikr menerangkan, kepedulian untuk para santri hadir sebagai bentuk semangat. Menurut Hamas, sejauh ini, banyak pesantren yang melakukan kegiatan belajar dalam kondisi bangunan tidak layak dan operasional terbatas. “Kehadiran dermawan yang mewujud bantuan pangan semoga memantik semangat belajar mereka. Kita ingin menunjukkan, bahwa di luar pesantren, banyak dermawan yang mendukung mereka menuntut ilmu,” kata Hamas.

Program Operasi Makan Gratis ACT Kota Semarang juga regular dilakukan setiap Jumat. Relawan secara langsung mendatangi masyarakat yang membutuhkan dari pintu ke pintu. Kegiatan ini terus berjalan berkat dukungan para dermawan, baik komunitas, institusi, bahkan perorangan.

“Sahabat dermawan bisa sedekah berupa makanan yang diantarkan ke kantor ACT Kota Semarang atau donasi melalui rekening BNI Syariah 55 0000 7772 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” jelasnya.[]