Operasi Makan Gratis Terus Berlanjut di Masa PPKM

Pandemi berkepanjangan serta pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat membawa dampak besar pada ekonomi. Khususnya mereka para pekerja harian.

Salah satu warga Medan yang mendapatkan makanan siap santap dari Operasi Makan Gratis. (ACTNews)

ACTNews, MEDAN – Dua pekan sudah Kota Medan menjalani PPKM Level 4. Sejumlah aktivitas masyarakat terpaksa dihentikan. Sebagian besar orang yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) temui mengaku, kebijakan ini dirasa cukup berat dampaknya karena berhentinya aktivitas berpengaruh pada pendapatan mereka, khususnya para pekerja harian.

Merespons kondisi ini, ACT Medan menghadirkan Operasi Makan Gratis. Hingga kini, sudah ratusan porsi makanan siap santap tersaji dan dibagikan ke warga prasejhatera serta para pekerja harian. Program kebaikan ini didukung oleh beberapa mitra kuliner seperti Nasi Kuning Kak Lily, Yayu Kitchen dan Dapoer Liyana.

“Sasaran utama Operasi Makan Gratis ini ialah keluarga prasejahtera serta para pekerja harian yang begitu merasakan dampak PPKM. Mereka yang kami temui pun mengaku penghasilannya berkurang drastis sejak pandemi dan pemberlakuan pembatasan aktivitas,” jelas Sakti dari tim Program ACT Medan di pekan ke dua Agustus ini.

Selama PPKM, tambah Sakti, ACT Medan mendapatkan lebih banyak pengajuan bantuan dari media sosial. Hal ini lah yang kemudian juga membawa program kebaikan untuk masyarakat. Ke depannya, aksi serupa bakal meluas ke wilayah lain, yakni Binjai dan Deli Serdang.[]